Pengaruh Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) Dengan Audio Visual Terhadap Peningkatan Motivasi Belajar Peserta Didik Di Kelas V MIN 19 Aceh Besar

Afeni Ramadhani, 160209068 (2023) Pengaruh Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) Dengan Audio Visual Terhadap Peningkatan Motivasi Belajar Peserta Didik Di Kelas V MIN 19 Aceh Besar. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

[thumbnail of Pengaruh Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) Dengan Audio Visual Terhadap Peningkatan Motivasi Belajar Peserta Didik Di Kelas V MIN 19 Aceh Besar] Text (Pengaruh Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) Dengan Audio Visual Terhadap Peningkatan Motivasi Belajar Peserta Didik Di Kelas V MIN 19 Aceh Besar)
Afeni Ramadhani, 160209068, FTK, PGMI, 085216141858.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (13MB)

Abstract

Penelitian ini Bertujuan untuk Mengetahui Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dengan Audio Visual dalam Kegiatan Pembelajaran di kelas V. Untuk mengetahui Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dengan Audio Visual Terhadap Peningkatan Motivasi Belajar Siswa kelas V.
Pertanyaan Penelitian dalam skripsi ini adalah Bagaimana Penerapan Model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dengan audio visual dalam kegiatan pembelajaran di kelas V MIN 19 Aceh Besar? Adakah Pengaruh Penerapan Model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dengan Audio Visual Terhadap Peningkatan Motivasi Belajar Siswa kelas V MIN 19 Aceh Besar?
penelitian ini merupakan penelitian dengan pendekatan pre-eksperimen. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas V MIN 19 Aceh besar sebanyak 49 orang. Desain penelitian ini menggunakan intact-group comparison. Penggumpulan data menggunakan instrumen tes dan instrument angket. Analisis data dilakukan dengan analisis deskriptif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) lebih efektif dalam pencapaian mootivasi belaar peserta didik. Hal ini dibuktikan dengan dari rata-rata nilai posttest kelompok eksperimen lebih tinggi yaitu 84,4 sedangkan nilai rata-rata kelompok kontrol adalah 69,2. Kemudian Audio visual merupakan media pembelajaran yang sangat efektif dan dapat memudahkan siswa dalam belajar IPA tentang sistem pernapasan pada manusia. Hal ini ditunjukkan dari persentase respon positif lebih banyak yaitu 89,6% dan persentase respon negatif sebanyak 10,4%.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Afeni Ramadhani
Date Deposited: 31 Jul 2023 02:38
Last Modified: 31 Jul 2023 02:38
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/30480

Actions (login required)

View Item
View Item