Penggunaan Aplikasi Duolingo Untuk Meningkatkan Hafalan Mufrodat Siswa Di Pesantren Sulaimaniah

Husnul Fikri, 190202089 (2023) Penggunaan Aplikasi Duolingo Untuk Meningkatkan Hafalan Mufrodat Siswa Di Pesantren Sulaimaniah. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

[thumbnail of Penggunaan Aplikasi Duolingo Untuk Meningkatkan Hafalan Mufrodat Siswa Di Pesantren Sulaimaniah] Text (Penggunaan Aplikasi Duolingo Untuk Meningkatkan Hafalan Mufrodat Siswa Di Pesantren Sulaimaniah)
Husnul Fikri, 190202089, FTK, PBA, 085156278715.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB)

Abstract

Peneliti menemukan bahwa mahasiswa di Institut Sulaymaniyah sedang belajar berbagai pelajaran, seperti terjemahan, tata bahasa, percakapan, dan mata pelajaran terkait bahasa Arab lainnya. Namun, peneliti menemukan bahwa mahasiswa tidak memahami pelajaran bahasa Arab dengan baik. Hal ini disebabkan oleh pengajaran yang dilakukan oleh guru dengan pendekatan berbasis tata bahasa dan terjemahan, hanya mengandalkan buku teks. Para guru di Institut Sulaymaniyah tidak memanfaatkan sarana yang maksimal, yang menyebabkan kebosanan dalam belajar bahasa Arab. Selain itu, peneliti menemukan bahwa mahasiswa dapat menggunakan telepon mereka saat belajar di Institut Sulaymaniyah. Oleh karena itu, peneliti ingin menggunakan telepon dengan aplikasi Duolingo untuk meningkatkan retensi kosakata para mahasiswa. Penelitian ini bertujuan untuk mencapai efektivitas penggunaan aplikasi Duolingo dalam meningkatkan retensi kosakata mahasiswa dan untuk menentukan respons mahasiswa terhadap aplikasi Duolingo dalam pembelajaran kosakata. Metodologi penelitian yang digunakan dalam penulisan tesis ini adalah pendekatan eksperimental dengan desain pretest-posttest. Untuk mengumpulkan data, peneliti menggunakan kegiatan mengajar dan belajar, survei, pretest, dan posttest. Populasi penelitian meliputi seluruh mahasiswa di Institut Sulaymaniyah, dan peneliti mengambil sampel 14 mahasiswa dari kelas dua. Respons terhadap penggunaan aplikasi Duolingo dalam meningkatkan retensi kosakata mahasiswa sangat baik. Peneliti mendapatkan hasil (0,001 < 0,05), yang menunjukkan bahwa penggunaan aplikasi Duolingo dalam meningkatkan retensi kosakata mahasiswa di Institut Sulaymaniyah efektif.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 400 Languages (Bahasa)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Husnul Fikri
Date Deposited: 01 Aug 2023 03:32
Last Modified: 01 Aug 2023 03:32
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/30482

Actions (login required)

View Item
View Item