Efektivitas Videotherapy dalam Menumbuhkan Kesadaran Sikap Anti Bullying pada Peserta Didik MTsN 2 Aceh Besar

Ayu Nanda Pristia, 150213125 (2022) Efektivitas Videotherapy dalam Menumbuhkan Kesadaran Sikap Anti Bullying pada Peserta Didik MTsN 2 Aceh Besar. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

[thumbnail of Efektivitas Videotherapy  dalam Menumbuhkan Kesadaran Sikap   Anti Bullying pada Peserta Didik MTsN 2 Aceh Besar] Text (Efektivitas Videotherapy dalam Menumbuhkan Kesadaran Sikap Anti Bullying pada Peserta Didik MTsN 2 Aceh Besar)
ayu uplod.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)

Abstract

Berdasarkan data KPAI menunjukkan bahwa kasus bullying dalam dunia pendidikan masih sangat tinggi. Beberapa kasus bullying yang seringkali terjadi seperti berbohong, membolos, kabur, keluyuran, membaca berita-berita negatif, dan bentuk-bentuk kenakalan remaja yang menjurus pada tindak kejahatan. Kasus-kasus bullying perlu diatasi secara perlahan bagi pendidik di sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas videotherapy dalam menumbuhkan kesadaran sikap anti bullying pada peserta didik MTsN 2 Aceh Besar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eskpereimen dengan desain one group pretest posttest. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIIIC. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan rumus persentase dan analisis uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa efektivitas vidiotheraphy dapat menumbuhkan sikap akti bullying dengan baik. Hasil penelitian membuktikan bahwa rata-rata indikator sudah tercapai secara keseluruhan dengan skor rata-rata mencapai 77%. Beberapa ketercapaian indikator diantaranya; siswa mulai berupaya untuk mencegah bullying dengan baik, mampu merespon saat melihat aksi bullying, kemudian mampu mengendalikan diri dengan baik saat dirinya sendiri menjadi korban bullying. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa nilai signifikansi diperoleh 0,000 < 0,05, artinya ada perbedaan sikap anti bullying siswa melalui efektivitas vidiotheraphy yang diterapkan pada siswa. Hal ini membuktikan bahwa efektivitas vidiotherapy dapat menumbuhkan sikap anti bullying siswa lebih baik daripada sebelumnya.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 372 Pendidikan dasar > 372.1 Organisasi dan Aktivitas pada Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Konseling
Depositing User: Ayunanda Pristia Ayu
Date Deposited: 31 Jul 2023 03:02
Last Modified: 31 Jul 2023 03:02
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/30485

Actions (login required)

View Item
View Item