Analisis Manajemen Objek Wisata Bahari Halal Terhadap Peningkatan Wisatawan (Studi Di Pantai Lampuuk Lhoknga Aceh Besar)

Khairatul Ulya, 190602054 (2023) Analisis Manajemen Objek Wisata Bahari Halal Terhadap Peningkatan Wisatawan (Studi Di Pantai Lampuuk Lhoknga Aceh Besar). Masters thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Analisis Manajemen Objek Wisata Bahari Halal Terhadap Peningkatan Wisatawan] Text (Analisis Manajemen Objek Wisata Bahari Halal Terhadap Peningkatan Wisatawan)
Khairatul Ulya, 190602054, FEBI, ES.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB)

Abstract

Wisata bahari Halal adalah seluruh kegiatan yang rekreasinya berdasarkan syariah dan aktifitasnya dilakukan pada media kelautan. Manajemen merupakan kemampuan dan keterampilan untuk memperoleh sesuatu hasil dalam rangka pencapaian tujuan melalui kegiatan-kegiatan orang lain. Manajemen yang baik terdapat metode PDCA (Plan Do Check Act) yang bertujuan untuk menyelesaikan sebuah masalah. Penelitian ini membahas tentang tingkat sistem pengelolaan manajemen objek wisata bahari Halal yang kurang efektif dan tidak berjalan dengan apa yang diharapkan. Dari segi manajemen kebersihan yang belum terwujud, serta manajemen pelaku yang masih sangat kurang berpartisipasi dalam mengelola objek wisata yang lebih baik lagi kedepannya. Penelitian memiliki kaitan antara wisata bahari Halal dan peningkatan wisatawan yang dapat memberikan dampak positif bagi wisatawan baik dalam maupun luar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, mendeskripsikan, dan menganalisis bagaimana sistem pengelolaan objek wisata bahari Halal terhadap peningkatan wisatawan di Pantai Lampuuk agar dapat memenuhi kebutuhan sesuai dengan standar kualitas yang diharapkan wisatawan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa wisata bahari Halal harus mengintegrasikan nilai-nilai syariah ke dalam kegiatan pariwisata dengan menyediakan berbagai fasilitas dan pelayanan yang sesuai dengan ketentuan syariah serta akan membawa perubahan yang bernilai positif terhadap manajemen yang diterapkan.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > S1 Ekonomi Syariah
Depositing User: Khairatul Ulya Ulya
Date Deposited: 31 Jul 2023 03:07
Last Modified: 31 Jul 2023 03:07
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/30488

Actions (login required)

View Item
View Item