Peran Guru Bk dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa di SMP Negeri 10 Banda Aceh Selama Masa Covid-19 10 Banda Aceh

Chalida, 150213124 (2021) Peran Guru Bk dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa di SMP Negeri 10 Banda Aceh Selama Masa Covid-19 10 Banda Aceh. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

[thumbnail of Peran Guru Bk dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa di SMP Negeri 10 Banda Aceh Selama Masa Covid-19 10 Banda Aceh] Text (Peran Guru Bk dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa di SMP Negeri 10 Banda Aceh Selama Masa Covid-19 10 Banda Aceh)
Chalida, 150213124, FTK, BK, 085294536933_unlocked.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (16MB)

Abstract

Minat belajar adalah suatu ketertarikan terhadap pembelajaran yang mendorong individu untuk mempelajari dan menekuni pembelajaran. Penelitian ini dilakukan dengan latar belakang yang menunjukkan siswa memiliki minat belajar rendah yang terjadi di SMP Negeri 10 Banda Aceh. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1)peran guru Bk dalam meningkatkan minat belajar siswa selama masa Covid-19 (2)kendala guru Bk dalam meningkatkan minat belajar siswa selama masa Covid-19 (3)cara penggunaan media elektronik dalam pemberian layanan BK untuk meningkatkan minat belajar siswa di SMP Negeri 10 Kota Banda Aceh selama masa Covid-19. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan subjek penelitian yang terdiri dari 8 responden, yaitu: guru BK, kepala sekolah, peserta didik dan wali kelas. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan adalah (1)reduksi data (2)penyajian data (3)penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa (1)Peran guru bimbingan konseling dalam meningkatkan minat belajar siswa selama masa covid-19 yaitu sangat berperan, dalam keadaaan pandemi guru bimbingan konseling tetap memberikan layanan (2) Kendala-kendala guru bimbingan konseling yaitu sulit untuk menghubungi siswa, tidak dapat bertatap muka langsung dengan siswa, dan kurangnya kerja sama orang tua siswa (3)Peran media elektronik untuk meningkatkan minat belajar siswa selama pandemi tidak berperan dalam meningkatkan minat belajar.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.1 Guru dan Pengajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Konseling
Depositing User: Chalida Chalida
Date Deposited: 31 Jul 2023 03:02
Last Modified: 31 Jul 2023 03:02
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/30489

Actions (login required)

View Item
View Item