Penerapan Kebijakan Pembatasan Penggunaan Kantong Plastik Di Kota Banda Aceh

Riski Praja, 180802110 (2023) Penerapan Kebijakan Pembatasan Penggunaan Kantong Plastik Di Kota Banda Aceh. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

[thumbnail of Penerapan Kebijakan Pembatasan Penggunaan Kantong Plastik Di Kota Banda Aceh] Text (Penerapan Kebijakan Pembatasan Penggunaan Kantong Plastik Di Kota Banda Aceh)
REVISI SIDANG RISKI PRAJA.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB)

Abstract

Permasalahan penerapan Perwal Nomor 111 Tahun 2020 tentang Pembatasan Penggunaan Kantong Plastik di Supermarket, Swalayan, Dan Mall di Kota Banda Aceh terlihat pada swalayan-swalayan. Dimana pihak swalayan belum pernah mendapatkan tindakan tegas dari pihak yang berwenang dalam implementasi kebijakan Perwal tersebut. Perwal ini juga belum sepenuhnya dapat dijalankan karena kesadaran masyarakat akan bahayanya plastik masih sangat rendah, sehingga masih banyak masyarakat yang menggunakan kantong plastik untuk menaruh belanjaannya. Bahkan rela membayar harga plastik yang telah ditetapkan karena anggapan malas membawa kantong belanja sendiri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan kebijakan pembatasan penggunaan kantong plastik di swalayan dalam Kota Banda Aceh dan kendala penerapan kebijakan pembatasan penggunaan kantong plastik di swalayan dalam Kota Banda Aceh. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitiannya penelitian deskriptif. Informan penelitian ini terdiri pihak DLHK3 Kota Banda Aceh, Satol PP dan pihak swalayan. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian dapat diketahui bahwa penerapan kebijakan pembatasan penggunaan kantong plastik di swalayan dalam Kota Banda Aceh dilakukan dengan melarang penyediaan kantong plastik yang tidak ramah lingkungan melalui pembinaan terhadap pihak swalayan, menyediakan kantong plastik atau kantong belanja ramah lingkungan serta menerapkan kebijakan kantong plastik berbayar dan program hari berbelanja tanpa kantong plastik satu hari dalam sepekan. Kendala penerapan kebijakan pembatasan penggunaan kantong plastik di swalayan dalam Kota Banda Aceh antara lain keterbatasan waktu dan minimnya anggaran untuk melakukan penerapan kebijakan. Kendala lain ialah, masih minimnya kepatuhan hukum sebagian pihak swalayan dan pelanggan terhadap Peraturan Wali Kota Banda Aceh Nomor 111 Tahun 2020 tentang Pembatasan Penggunaan Kantong Plastik.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 320 Political and Government Science (Ilmu Politik dan Pemerintahan)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Pemerintahan > S1 Ilmu Administrasi Negara
Depositing User: Riski Praja Riski
Date Deposited: 31 Jul 2023 03:23
Last Modified: 31 Jul 2023 03:23
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/30493

Actions (login required)

View Item
View Item