Perancangan Media Pembelajaran Interaktif I’tikad Lima Puluh Berbasis Android Menggunakan App Inventor Di TPA Nurul Iman

Dewi Maulidar, 170212003 (2023) Perancangan Media Pembelajaran Interaktif I’tikad Lima Puluh Berbasis Android Menggunakan App Inventor Di TPA Nurul Iman. Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Perancangan Media Pembelajaran Interaktif I’tikad Lima Puluh Berbasis Android Menggunakan App Inventor Di TPA Nurul Iman] Text (Perancangan Media Pembelajaran Interaktif I’tikad Lima Puluh Berbasis Android Menggunakan App Inventor Di TPA Nurul Iman)
Dewi Maulidar, 170212003, FTK, PTI, 082272076530.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB)

Abstract

Pendidikan adalah sebuah proses yang akan selalu dilakukan oleh manusia sehingga dapat menghantarkan manusia menuju kearah kedewasaan, atau dapat diartikan sebagai suatu kemampuan untuk memperoleh ilmu pengetahuan, mengubah sikap serta kemampuan untuk kemampuan memfokuskan diri sendiri, pengembangan kemampuan/ keterampilan, dalam bidang kognitif, afektif, psikomotorik, serta kemampuan menilai proses mendewasakan diri itu sendiri. Berdasarkan Observasi saya di TPA Nurul Iman Darussalam, diperoleh permasalahan bahwa yang terjadi di Lembaga Pendidikan Islami ini menunjukkan bahwa pendidik masih kurang menggunakan media dalam mengajar I’tiqad lima puluh, media yang sering dipakai berupa buku panduan. Peserta didik lebih banyak mencatat dan menghafal, sehingga murid merasa bosan dalam belajar. Maka oleh sebab itu penulis menawarkan pembelajaran I’tikad lima puluh menggunakan media pembelajaran, dikarenakan dari berbagai penelitian yang terdahulu telah membuktikan bahwa media pembelajaran dapat memotivasi peserta didik serta meningkatkan minat belajar peserta didik sehingga nilainya meningkat.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses perancangan I’tikad Lima Puluh menggunakan MIT App Inventor dan mengetahui apakah peserta didik tertarik belajar menggunakan media pembelajaran yang telah dirancang. Penelitian ini dilakukan di TPA Nurul Iman. Metode yang digunakan adalah R&D (Research and Development) dengan model luther. Tehnik Pengumpulan data Menggunakan Angket. Produk media pembelajaran ini telah diuji oleh para ahli media dan ahli materi, hasil uji peserta didik tertarik belajar menggunakan media pembelajaran I’tikad Lima Puluh dengan hasil persentase 98,6% sehingga dapat kita simpulkan bahwa media pembelajaran I’tikad lima puluh berpengaruh terhadap minat belajar peserta didik di TPA Nurul Iman.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Perancangan, Media Pembelajaran, I’tikad 50, MIT App Inventor
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
200 Religion (Agama)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Tehnologi Informasi
Depositing User: Dewi Maulidar
Date Deposited: 01 Aug 2023 02:14
Last Modified: 01 Aug 2023 02:14
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/30496

Actions (login required)

View Item
View Item