Akhlak Remaja Pengguna Aplikasi Tik-Tok Di Gampong Bangkeh Kecamatan Geumpang Kabupaten Pidie

Syarifah Difla Rifni, 180201149 (2023) Akhlak Remaja Pengguna Aplikasi Tik-Tok Di Gampong Bangkeh Kecamatan Geumpang Kabupaten Pidie. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

[thumbnail of Akhlak Remaja Pengguna Aplikasi Tik-Tok Di Gampong Bangkeh Kecamatan Geumpang Kabupaten Pidie] Text (Akhlak Remaja Pengguna Aplikasi Tik-Tok Di Gampong Bangkeh Kecamatan Geumpang Kabupaten Pidie)
Syarifah Difla Rifni, 180201149, FTK, PAI, 082252692252.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB)

Abstract

Tik tok adalah aplikasi yang memberikan special effect unik dan menarik yang dapat digunakan oleh penggunanya dengan mudah sehingga dapat membuat video pendek dengan hasil yang bagus dan dapat dipamerkan kepada teman-teman atau pengguna lainnya. Kreativitas pengguna aplikasi tik tok sangat beragam karena sesuai dari pengguna itu sendiri. Pesan-pesan yang disampaikan melalui aplikasi tik tok ada yang positif dan baik, dan ada juga yang melanggar tuntunan ajaran Islam yang akan berdampak negatif dan bahaya bagi perkembanggan akhlak pengguna terutama pengguna remaja. Masa perkembangan remaja adalah masa ketika mencapai kematangan mental, emosional, sosial, fisik yang merupakan periode perkembangan individu pada masa peralihan dari anak-anak menunju dewasa. Peneliti melakukan penelitian di Gampong Bangkeh Kecamatan Geumpang dengan tujuan untuk mengetahui penggunaan aplikasi tik tok di kalangan remaja Gampong Bangkeh, dampak positif dan negatif dari aplikasi tik tok terhadap akhlak remaja di Gampong Bangkeh dan cara dalam menanggulangi kemerosotan Akhlakul karimah pada remaja akibat oleh penyalahgunaan dari aplikasi tik tok di Gampong Bangkeh. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan menggunakan metode kualitatif. Data dikumpulkan melalui wawancara dan dokumentasi, kemudian data tersebut dianalisis melalui analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukan bahwa penggunaan aplikasi tik tok di kalangan remaja Gampong Bangkeh sangat beragam baik dari segi waktu, dari segi tujuan dan dari segi konten yang dilihat. Dampak positif dari aplikasi tik tok adalah sebagai media menambah wawasan dan ilmu pengetahuan bagi remaja, dapat memberikan motivasi kepada remaja dan menjadi salah satu aplikasi hiburan bagi remaja. Sedangan dampak negatif dari aplikasi tik tok adalah remaja menyia-nyiakan waktu, mengabaikan teguran orang tua dan hilangnya rasa malu pada remaja. Cara dalam menanggulanginya yaitu orang tua memberikan nasehat kepada anaknya, dan orang tua harus memberikan batasan waktu kepada anaknya saat menggunakan aplikasi tik tok.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Syarifah Difla Rifni
Date Deposited: 01 Aug 2023 02:51
Last Modified: 01 Aug 2023 02:51
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/30506

Actions (login required)

View Item
View Item