Problematika Wanita Karier Dalam Perspektif Komunikasi (Studi Pada Pembinaan Karakter Anak Dalam Keluarga di Gampong Lhong Cut Kecamatan Banda Raya Kota Banda Aceh)

Ega Amalia, 150401045 (2020) Problematika Wanita Karier Dalam Perspektif Komunikasi (Studi Pada Pembinaan Karakter Anak Dalam Keluarga di Gampong Lhong Cut Kecamatan Banda Raya Kota Banda Aceh). Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

[thumbnail of Problematika Wanita Karier Dalam Perspektif Komunikasi (Studi  Pada  Pembinaan  Karakter Anak Dalam Keluarga di Gampong Lhong Cut Kecamatan Banda Raya Kota Banda Aceh)] Text (Problematika Wanita Karier Dalam Perspektif Komunikasi (Studi Pada Pembinaan Karakter Anak Dalam Keluarga di Gampong Lhong Cut Kecamatan Banda Raya Kota Banda Aceh))
Untitled.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini berjudul “Problematika Wanita Karier Dalam Perspektif Komunikasi (Studi Pada Pembinaan Karakter Anak Dalam Keluarga Di Gampong Lhong Cut Kecamatan Banda Raya Kota Banda Aceh)”. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Apa saja problematika wanita karier dalam perspektif komunikasi di Gampong Lhong Cut? dan Bagaimana tantangan wanita karier dalam membina karakter anak dalam keluarga di Gampong Lhong Cut? Tujuan penelitian ini untuk mengetahui problematika-problematika wanita karier dalam perspektif komunikasi di Gampong Lhong Cut dan tantangan wanita karier dan kaitannya dengan pembinaan karakter anak dalam keluarga. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik analisis data. Subjek penelitian terdiri dari lima wanita karier. Teknik pengumpulan data dalam penelitian dilakukan dengan cara wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa problematika wanita karier yaitu, lingkungan yang negatif, penggunaan smartphone dan faktor ekonomi keluarga. Adapun tantangan dalam membina karakter anak dalam keluarga yaitu, lingkungan yang negatif yang membuat anak cenderung mengikuti hal yang tidak baik seperti berkata kasar. Kemudian berkurangnya waktu di rumah membuat wanita karier merasa khawatir dan memilih untuk membelikan anak mereka smartphone untuk tetap menjaga komunikasi dengan anak selama wanita karier bekerja, akan tetapi hal tersebut malah menimbulkan tantangan baru seperti anak terlalu lalai dengan menggunakan smartphone. Langkah-langkah untuk meminimalisir terjadinya problematika khususnya dalam hal membina karakter anak yakni, memberikan perhatian lebih kepada anak, menerapkan sikap saling terbuka serta tetap menjaga komunikasi secara langsung dan mengurangi penggunaan smartphone kepada anak.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 209 Sekte dan Gerakan Pembaharuan
200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X6 Sosial dan Budaya > 2X6.1 Masyarakat Islam > 2X6.15 Kelompok Sosial
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > S1 Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Ega Amalia Ega
Date Deposited: 01 Aug 2023 02:56
Last Modified: 01 Aug 2023 02:56
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/30511

Actions (login required)

View Item
View Item