Pengawasan Penggunaan Android Dalam Meningkatkan Prestasi Anak (Studi Kasus Pada Orang Tua Desa Kareung Ateuh Kec Indra Jaya, Aceh Jaya)

Alismanidar, 170402068 (2023) Pengawasan Penggunaan Android Dalam Meningkatkan Prestasi Anak (Studi Kasus Pada Orang Tua Desa Kareung Ateuh Kec Indra Jaya, Aceh Jaya). Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

[thumbnail of Pengawasan Penggunaan Android Dalam Meningkatkan Prestasi Anak (Studi Kasus Pada Orang Tua Desa Kareung Ateuh Kec Indra Jaya,  Aceh Jaya)] Text (Pengawasan Penggunaan Android Dalam Meningkatkan Prestasi Anak (Studi Kasus Pada Orang Tua Desa Kareung Ateuh Kec Indra Jaya, Aceh Jaya))
ALISMANIDAR-1.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)

Abstract

Pengawasan orang tua adalah salah satu faktor penting dalam mendukung tumbuh dan berkembangnya anak terutama dalam dunia pendidikan. Kesibukan orang tua sekarang dalam kegiatan yang lain, baik itu kegiatan sosial maupun kegiatan mencari nafkah membuatnya lupa akan tugasnya sebagai orang tua yang seharusnya mengawasi anak-anaknya dan memberi nasehat dikala anak tersebut melalukan kesalahan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk: (1) mengetahui cara orang tua mengawasi anak dalam bermain android (2) untuk mengetahui seberapa berpengaruh perhatian orang tua terhadap prestasi anak. Penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan studi dokumentasi yang dilakukan dengan lima orang masyarakat dan satu orang kepala desa, serta dokumentasi. Dari hasil penelitian diketahui bahwa bayak orang tua yang masih terlalu sibuk dengan kegiatan yang lain seperti sibuk bekerja membantu suaminya mencari nafkah dan jumlah anak yang banyak sehingga ini menjadi salah satu faktor yang menyebabkan orang tua kurang ada waktu dalam mengwasi anaknya, seperti membatasi penggunaan android pada anak, mereka selektif dalam memilih aplikasi seperti menyarankan anak meakses situs yang mendidik yang bersifat positif, melatih tanggung jawab anak dalam bermain android. Pengawasan orang tua terhadap anak dalam meraih prestasinya sangat berpengaruh karena tanpa adanya pengawasan dari orang tua anak akan sulit dalam meraih prestasinya. Dari keenam responden yang peneliti wawancara cuma satu orang yang dapat mengawasi anak yang lainnya mereka sibuk dengan kegiatan yang lain.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 303 Proses sosial > 303.3 Koordinasi dan pengawasan
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > S1 Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Alismanidar Alis
Date Deposited: 01 Aug 2023 03:29
Last Modified: 01 Aug 2023 03:29
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/30515

Actions (login required)

View Item
View Item