Motivasi Orang Tua Santri dalam Menyekolahkan Anaknya di Pesantren Darul Muta’allimin Pasca Meninggalnya Abuya Syekh H. Bahauddin Tawar

Baharuddin Bancin, 201003097 (2023) Motivasi Orang Tua Santri dalam Menyekolahkan Anaknya di Pesantren Darul Muta’allimin Pasca Meninggalnya Abuya Syekh H. Bahauddin Tawar. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

[thumbnail of Motivasi Orang Tua Santri dalam Menyekolahkan Anaknya di Pesantren Darul Muta’allimin Pasca Meninggalnya Abuya Syekh H. Bahauddin Tawar] Text (Motivasi Orang Tua Santri dalam Menyekolahkan Anaknya di Pesantren Darul Muta’allimin Pasca Meninggalnya Abuya Syekh H. Bahauddin Tawar)
REVISI TESIS BAHAR BC.docx-1 - Ke Perpus UIN (1).pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tingkat motivasi orang tua dalam menyekolahkan anaknya di Pesantren Darul Muta’allimin Tanah Merah setelah meninggalnya Abuya Syekh H. Bahauddin Tawar dan untuk mengetahui peran orang tua santri dalam menyekolahkan anaknya di Pasantren Darul Muta’allimin. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Tingkat motivasi orang tua sangat tinggi dalam menyekolahkan anaknya di Pesantren Darul Muta’allimin Tanah Merah setelah wafatnya Alm. Abuya H. Bahauddin Tawar. 2) Peran orang tua dalam dalam menyekolahkan anaknya di Pasantren Darul Muta’allimin menjadi 3 peran, yaitu memberikan dukungan, memberikan motivasi dan melakukan pengawasan. Hal ini dapat dilihat dari meningkatnya jumlah santri setiap tahunnya. Pada tahun ajaran 2022/2023 tercatat jumlah seluruh santri di Pesantren Darul Muta’allimin berjumlah 1.414 santri.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.1 Guru dan Pengajaran
Divisions: Program Pascasarjana > S2 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Baharuddin Bancin Baharuddin
Date Deposited: 18 Aug 2023 10:12
Last Modified: 18 Aug 2023 10:12
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/30517

Actions (login required)

View Item
View Item