Pengaruh Pengelolaan UPT Perpustakaan Terhadap Kepuasan Mahasiswa Fakultas Dakwah Dan Komunikasi Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh

Nur Liyana Binti Che Mat Rani, 190403049 (2023) Pengaruh Pengelolaan UPT Perpustakaan Terhadap Kepuasan Mahasiswa Fakultas Dakwah Dan Komunikasi Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Dakwah dan Komunikasi.

[thumbnail of Pengaruh Pengelolaan UPT Perpustakaan Terhadap Kepuasan Mahasiswa Fakultas Dakwah Dan Komunikasi Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh] Text (Pengaruh Pengelolaan UPT Perpustakaan Terhadap Kepuasan Mahasiswa Fakultas Dakwah Dan Komunikasi Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh)
Nur Liyana Binti Che Mat Rani, 190403049, FDK, MD, 60126854254.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (8MB)

Abstract

Skripsi ini berjudul “Pengaruh Pengelolaan UPT Perpustakaan terhadap Kepuasan Mahasiswa Fakultas Dakwah Dan Komunikasi Universitas UIN Ar-Raniry. Menurut Bryson (1990) menyatakan bahwa pengelolaan perpustakaan merupakan upaya pencapaian tujuan dengan memanfaatkan sumber daya manusia, informasi, sistem dan sumber dana dengan tetap memperhatikan fungsi manajemen, peran dan keahlian. Pengertian pengelolaan ialah bukan hanya melakukan aktivitas, tetapi juga meliputi manfaat kegunaan dari manajemen itu sendiri, seperti perencanaan, pelaksanaan dan pengawasan yang baik guna mendapatkan hasil yang terbaik. Penelitian ini bertujan untuk mengetahui pengaruh variabel Independent (Pengelolaan UPT Perpustakaan), Terhadap variabel dependent (Kepuasan Mahasiswa). Metode yang digunakan dalam penelitian ini metode kuantitatif dengan menggunakan teknik survei. Populasi pada penelitian ini Mahasiswa yang aktif pada tahun akademik 2022/2023 di fakultas dakwah dan komunikasi UIN Ar-Ranry Banda Aceh. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah simple random sampling, sampel pada penelitian ini ditetapkan 100 orang mahasiswa, dalam penelitian ini peneliti menetapkan sampel dari angkatan 2018 sampai 2022. Pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan kuesioner (angket) dan dokumentasi. Pengolahan dan analisis data peneliti menggunakan metode statistik, data di uji dengan uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji linearitas, uji heteroskedastisitas, uji regresi sederhana, uji koefisien determinasi dan uji t dengan menggunakan aplikasi SPSS versi 26. Hasil analisis menunjukkan adanya pengaruh yang positif dan signifikan antara Pengaruh Pengelolaan UPT Perpustakaan terhadap kepuasan mahasiswa fakultas dakwah sebesar 0,221. Hasil perhitungan yang dilakukan peneliti di peroleh thitung > ttabel (5,268 > 2,276), dengan taraf signifikansi 5% atau 0,05. Sehingga dapat disimpulkan bahwa H0 di tolak dan H1 diterima, yang berarti bahwa ada pengaruh pengelolaan UPT Perpustakaan (independent) terhadap kepuasan mahasiswa (Dependent). Adapun tingkat prsentase pengaruhnya sebesar 22,1%, sedangkan 77,9% dipengaruhi oleh faktor-faktor yang lain yang tidak peneliti teliti.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > S1 Manajemen Dakwah
Depositing User: Nur Liyana Binti Che Mat Rani
Date Deposited: 02 Aug 2023 09:35
Last Modified: 02 Aug 2023 09:35
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/30527

Actions (login required)

View Item
View Item