Penerapan Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV MIN 3 Aceh Tenggara

Khairun Nisa, 180209012 (2023) Penerapan Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV MIN 3 Aceh Tenggara. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

[thumbnail of Penerapan Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV MIN 3 Aceh Tenggara] Text (Penerapan Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV MIN 3 Aceh Tenggara)
Khairun Nisa, 180209012, FTK, PGMI, 085277309934.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (16MB)

Abstract

Berdasarkan hasil observasi di kelas IV MIN 3 Aceh Tenggara menunjukkan bahwa kurangnya partisipasi siswa saat pembelajaran, Proses pembelajaran masih didominasi oleh guru dan masih bergantung pada buku ajar, akibatnya suasana kelas cenderung pasif. Hal ini berdampak terhadap hasil belajar siswa kelas IV MIN 3 Aceh Tenggara banyak hasil belajar siswa yang mendapatkan nilai di bawah yang ditentukan Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yaitu 70. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah lembar aktivitas guru, lembar aktivitas siswa, lembar soal tes. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa di siklus I hasil belajar siswa memperoleh nilai yaitu 28% masuk dalam kategori gagal dan pada siklus II mengalami peningkatan dengan nilai 84% masuk dalam kategori sangat baik. Aktivitas siswa pada siklus I memperoleh nilai 63,33% masuk dalam kategori cukup dan pada siklus II mengalami peningkatan yaitu dengan nilai 95% masuk dalam kategori sangat baik, sedangkan aktivitas guru pada siklus I memperoleh nilai 76,78% masuk dalam kategori baik dan pada siklus II mengalami peningkatan dengan nilai 96,42% masuk dalam kategori sangat baik. Berdasarkan permasalahan yang telah dipaparkan maka dapat dikatakan bahwa menggunakan model pembelajaran Problem Based Laerning dapat meningkatkan hasil belajar siswa di kelas IV MIN 3 Aceh Tenggara.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Khairun Nisa
Date Deposited: 02 Aug 2023 09:34
Last Modified: 02 Aug 2023 09:34
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/30530

Actions (login required)

View Item
View Item