Sistem Pencatatan Dan Pelaporan Keuangan Zis Pada Baitul Mal Aceh

Ali Rosmadi, 140601114 (2023) Sistem Pencatatan Dan Pelaporan Keuangan Zis Pada Baitul Mal Aceh. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam.

[thumbnail of Sistem Pencatatan Dan Pelaporan Keuangan Zis Pada Baitul Mal Aceh] Text (Sistem Pencatatan Dan Pelaporan Keuangan Zis Pada Baitul Mal Aceh)
Ali Rosmadi, 140601114, FEBI, PS, 082165732712.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB)

Abstract

Pada saat melakukan kerja praktik, penulis ditempatkan di Baitul Mal Aceh yang beralamatkan di Jl. T. Nyak Arief Komplek Keistimewaan Aceh yang merupakan lembaga non struktural yang berperan sebagai Organisasi Pengelolaan Zakat (OPZ). Sistem Pencatatan dan Pelaporan Keuangan Zakat, Infaq, dan Sedekah (ZIS) Produktif pada Baitul Mal Aceh yang dimulai dari mengumpulkan sejumlah data transaksi. Selain itu, Baitul Mal berkewajiban menyajikan pencatatan dan laporan keuangan yang memadai secara baik, tentunya dengan prinsip syariah, sebab laporan keuangan dipergunakan oleh berbagai pengguna dengan beberapa kepentinganya. Kegiatan kerja praktik yang di lakukan pada beberapa bagian diantaranya, pada bagian pembiayaan, bagian pelayanan (costumer service), penulisan kerja praktik berdasarkan observasi dan wawancara dengan karyawan Baitul Mal Aceh. Sistem pencatatan dan pelaporan keuangan adalah cara mengetahui informasi keuangan suatu perusahaan, dan untuk mengetahui biaya apa saja yang masuk dan keluar dalam suatu perusahaan. Berdasarkan hasil kerja praktik dapat disimpulkan bahwa Baitul Mal Aceh adalah lembaga yang berperan mengelola harta ummat ynang diperoleh dari masyarakat itu sendiri (muzakki) yang nantinya akan disalurkan kepada orang yang berhak menerimanya (mustahik) dan Baitul Mal sendiripun berupaya mengarahkan mustahik yang nantinya akan menjadi muzakki. Dalam pencatatan dan pelaporan keuangan Baitul Mal Aceh sudah melaksanakan dengan prinsip syariah transparan dan wajar. saran untuk Baitul Mal Aceh agar bertambah lebih baik dalam mengelolah harta ummat demi untuk kesejahteraan ummat itu sendiri.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > D3 Perbankan Syariah
Depositing User: Ali Rosmadi
Date Deposited: 02 Aug 2023 09:29
Last Modified: 02 Aug 2023 09:29
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/30532

Actions (login required)

View Item
View Item