Pola Asuh Orang Tua Tunggal Dalam Membentuk Moralitas Anak Di Desa Semadam Awal Kecamatan Semadam Kabupaten Aceh Tenggara

Nilas Siti Wulandari, 190402097 (2023) Pola Asuh Orang Tua Tunggal Dalam Membentuk Moralitas Anak Di Desa Semadam Awal Kecamatan Semadam Kabupaten Aceh Tenggara. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

[thumbnail of Pola Asuh Orang Tua Tunggal Dalam Membentuk Moralitas Anak Di Desa Semadam Awal Kecamatan Semadam Kabupaten Aceh Tenggara] Text (Pola Asuh Orang Tua Tunggal Dalam Membentuk Moralitas Anak Di Desa Semadam Awal Kecamatan Semadam Kabupaten Aceh Tenggara)
Nilas Siti Wulandari (190402097).pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB)

Abstract

Pola Asuh Orang Tua Tunggal Dalam Membentuk Moralitas Anak Di Desa Semadam Awal Kecamatan Semadam Kabupaten Aceh Tenggara, sebagaimana permasalahannya tentang kesulitan yang dihadapi oleh orang tua tunggal dalam menjalani peran ganda dikeluarganya sehingga orang tua tunggal kurang dapat fokus terhadap pengasuhan anaknya sebab harus sibuk bekerja untuk keberlangsungan hidup keluarganya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pola asuh orang tua tunggal dalam membentuk moralitas anak dan kendala- kendala yang dialami oleh orang tua tunggal dalam mengasuh anak di Desa Semadam Awal Kecamatan Semadam Kabupaten Aceh Tenggara. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif analisis dengan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (Field Reseacrh). Adapun teknik pengumpulan data penelitian ini adalah wawancara. Dalam penelitian ini pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling dengan lima responden. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa dalam membentuk moralitas anak di Kecamatan Semadam, para orang tua menggunakan pola asuh yang bervariasi, diantaranya orang tua menggunakan pola asuh otoriter, pola asuh permisif dan demokratis. Kendala-kendala yang dihadapi orang tua tunggal (single parent) dalam membentuk moralitas anak di Desa Semadam Awal yaitu kendala dari segi pembagian waktu antara bekerja dengan mengasuh anak, lingkungan dan segi pengetahuan yang dimiliki oleh orang tua tersebut.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.2 Dakwah > 2X7.2019 Psikologi Dakwah
200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.2 Dakwah > 2X7.24 Metode, Media dan Sarana Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > S1 Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Nilas Siti Wulandari Nilas
Date Deposited: 02 Aug 2023 09:34
Last Modified: 02 Aug 2023 09:34
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/30533

Actions (login required)

View Item
View Item