Efektivitas Pengelolaan Dana Desa Terhadap Pembangunan Infrastruktur Pada Gampong Dham Pulo Kecamatan Ingin Jaya Kabupaten Aceh Besar

Ahmad Yasir Arafat, 190802034 (2023) Efektivitas Pengelolaan Dana Desa Terhadap Pembangunan Infrastruktur Pada Gampong Dham Pulo Kecamatan Ingin Jaya Kabupaten Aceh Besar. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

[thumbnail of Efektivitas Pengelolaan Dana Desa Terhadap Pembangunan Infrastruktur Pada Gampong Dham Pulo Kecamatan Ingin Jaya Kabupaten Aceh Besar] Text (Efektivitas Pengelolaan Dana Desa Terhadap Pembangunan Infrastruktur Pada Gampong Dham Pulo Kecamatan Ingin Jaya Kabupaten Aceh Besar)
SKRIPSI REAL ARAFAT.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)

Abstract

Efektivitas pengelolaan dana desa mencerminkan kemampuan dalam merealisasikan keuangan dana desa sesuai dengan rencana program yang telah ditetapkan. Evaluasi ini juga penting untuk memastikan transparansi dan partisipasi masyarakat dalam proses pengelolaan dana desa terhadap pembangunan infrastuktur desa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas pengelolaan dana desa terhadap pembangunan infrastruktur pada Desa Dham Pulo Kecamatan Ingin Jaya Kabupaten Aceh Besar dan dan mengetahui faktor penghambat pembangunan infrastruktur. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif deskriptif. Metode pengumpulan data meliputi observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data meliputi reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengelolaan dana desa terhadap pembangunan infrastruktur pada Desa Dham Pulo Kecamatan Ingin Jaya Kabupaten Aceh Besar sudah berjalan dengan efektif, proses perencanaan pembangunan infrastruktur melibatkan partisipasi masyarakat dan anggaran desa yang mencapai Rp 600.000.000 Pertahunnya telah digunakan secara maksimal untuk membangun berbagai fasilitas yang diperlukan, seperti rumah sewa, rumah dhuafa, jalan, saluran air, kantor geuchik, gedung PKK, dan perbaikan pagar kantor desa. Selanjutnya, dalam pelaksanaan pembangunan infrastruktur di Desa Dham Pulo, terdapat hambatan yang dihadapi, terutama berkaitan dengan biaya material yang tinggi. Biaya material merupakan salah satu faktor penting dalam konstruksi atau pembangunan infrastruktur, dan tingginya biaya tersebut dapat menjadi kendala dalam melaksanakan proyek pembangunan di desa tersebut.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 360 Social Problems and Services (Permasalahan dan Kesejahteraan Sosial) > 361 Masalah dan pelayanan kesejahteraan sosial pada umumnya > 361.8 Kegiatan masyarakat
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Pemerintahan > S1 Ilmu Administrasi Negara
Depositing User: Ahmad Yasir Arafat Arafat
Date Deposited: 02 Aug 2023 09:46
Last Modified: 02 Aug 2023 09:46
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/30536

Actions (login required)

View Item
View Item