Analisis Sitiran Jurnal Pada Skripsi Mahasiswa Prodi Pendidikan Teknologi Informasi Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan UIN Ar-Raniry Banda Aceh Tahun 2020

Sylvia Erna, 160503118 (2023) Analisis Sitiran Jurnal Pada Skripsi Mahasiswa Prodi Pendidikan Teknologi Informasi Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan UIN Ar-Raniry Banda Aceh Tahun 2020. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Adab dan Humaniora.

[thumbnail of Analisis Sitiran Jurnal Pada Skripsi Mahasiswa Prodi Pendidikan Teknologi Informasi Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan UIN Ar-Raniry Banda Aceh Tahun 2020] Text (Analisis Sitiran Jurnal Pada Skripsi Mahasiswa Prodi Pendidikan Teknologi Informasi Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan UIN Ar-Raniry Banda Aceh Tahun 2020)
Sylvia Erna, 160503118, FAH, IP, 081289808173.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini berjudul “Analisis Sitiran Jurnal Pada Skripsi Mahasiswa Prodi Pendidikan Teknologi Informasi Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Ar-Raniry Banda Aceh Tahun 2020”. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana tingkat pemanfaatan jurnal pada skripsi mahasiswa Prodi Pendidikan Teknologi Informasi, jurnal apa yang paling sering disitir serta bagaimana tingkat keusangan artikel jurnal yang disitir mahasiswa dalam penulisan skripsi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemanfaatan jurnal dalam penulisan skripsi mahasiswa Prodi Pendidikan Teknologi Informasi, jurnal apa yang paling sering disitir dan untuk mengetahui tingkat keusangan jurnal yang disitir mahasiswa dalam penulisan skripsi Prodi Pendidikan Teknologi Informasi Fakultas Tarbiyah dan Keguruan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan kajian analisis sitiran. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 39 skripsi. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik dokumentasi yaitu dengan cara mengcopy daftar pustaka kemudian mencatat jenis literatur, nama jurnal dan tahun literatur artikel jurnal, kemudian ditabulasikan dan dianalisis serta diberikan penjelasan secara deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat pemanfaatan jurnal adalah 308 sitiran atau 25% dari total seluruh sitiran sebanyak 1253. Jurnal yang paling sering disitir adalah sebanyak 8 jurnal dengan masing-masing sitiran sebanyak 3 kali. Tingkat keusangan artikel jurnal pada skripsi mahasiswa Prodi Pendidikan Teknologi Informasi adalah 3 tahun. Artikel jurnal yang dikatakan usang sebanyak 157 sitiran atau 51% dan artikel jurnal terbaru sebanyak 148 sitiran atau 49% dari total keseluruhan sitiran yang memiliki tahun terbit sebanyak 305.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > S1 Ilmu Perpustakaan
Depositing User: Sylvia Erna
Date Deposited: 02 Aug 2023 09:58
Last Modified: 02 Aug 2023 09:58
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/30541

Actions (login required)

View Item
View Item