Pengembangan E-Modul Berbasis Video Animasi Berbantuan Aplikasi Powtoon Pada Tema 8 Subtema 3 Kelas IV MIN 10 Kota Banda Aceh

Dian Novita, 190209099 (2023) Pengembangan E-Modul Berbasis Video Animasi Berbantuan Aplikasi Powtoon Pada Tema 8 Subtema 3 Kelas IV MIN 10 Kota Banda Aceh. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

[thumbnail of Pengembangan E-Modul Berbasis Video Animasi Berbantuan Aplikasi Powtoon Pada Tema 8 Subtema 3 Kelas Iv Min 10 Kota Banda Aceh] Text (Pengembangan E-Modul Berbasis Video Animasi Berbantuan Aplikasi Powtoon Pada Tema 8 Subtema 3 Kelas Iv Min 10 Kota Banda Aceh)
FILE SKRIPSI DIAN NOVITA (1).pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh media yang digunakan dalam proses pembelajaran belum ada dan hanya menggunakan sumber belajar dari buku cetak. Hasil analisis peneliti terhadap buku cetak yang digunakan, terlihat buku hanya berisi uraian materi yang bersifat umum. Tujuan dari penelitian ini, yaitu : 1) Untuk mendeskripsikan proses pengembangan e-modul berbasis video animasi berbantuan aplikasi powtoon; 2) Untuk menjelaskan uji kelayakan video sumber belajar e-modul berbasis animasi berbantuan aplikasi powtoon. Metode yang digunakan adalah Research and Development (R&D), dengan menggunakan model dari Alessi dan Trollip yang terdiri dari 3 tahap, 1) Perencanaan, 2) Desain, dan yang 3) Pengembangan, dengan subjek penelitian adalah siswa kelas IV-A dan siswa kelas IV-B yang berjumlah masing-masing kelas 27 orang. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi dan angket. Sedangkan teknik analisis data, peneliti menggunakan rumus presentase sesuai dengan kriteria keberhasilan yang telah ditentukan. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa sumber belajar e-modul berbasis video animasi berbantuan aplikasi powtoon di MIN 10 Kota Banda Aceh sudah memenuhi kategori sangat layak berdasarkan hasil validasi terhadap materi dengan skor 93,3%, hasil validasi media diperoleh 90,3% dan hasil validasi bahasa diperoleh skor 89,4% dengan kriteria “sangat layak”. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa sumber belajar e-modul berbasis video animasi berbantuan aplikasi powtoon di kelas IV MIN 10 Kota Banda Aceh sangat layak dikembangkan lebih lanjut.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.1 Guru dan Pengajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Dian Novita Dian
Date Deposited: 03 Aug 2023 09:44
Last Modified: 03 Aug 2023 09:44
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/30543

Actions (login required)

View Item
View Item