Perilaku Politik Masyarakat Gampong Rimba Raya dalam Menentukan Pilihan Politik Pada Pilkada 2017 Di Kabupaten Bener Meriah

Marzuki Efendi, 150801097 (2022) Perilaku Politik Masyarakat Gampong Rimba Raya dalam Menentukan Pilihan Politik Pada Pilkada 2017 Di Kabupaten Bener Meriah. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

[thumbnail of Perilaku Politik Masyarakat Gampong Rimba Raya dalam Menentukan Pilihan Politik  Pada Pilkada 2017 Di Kabupaten Bener Meriah] Text (Perilaku Politik Masyarakat Gampong Rimba Raya dalam Menentukan Pilihan Politik Pada Pilkada 2017 Di Kabupaten Bener Meriah)
SKRIPSI fix (cover dan skripsi).pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (8MB)

Abstract

Partisipasi masyarakat dalam pemilihan umum merupakan suatu tindakan untuk meluangkan haknya sebagai warga negara dalam memilih pemimpin. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana perilaku masyarakat Bener Meriah khususnya pada Gampong Rimba Raya Kecamatan Pintu Rime Gayo serta hal-hal yang mempengaruhi perilaku politik pada pelaksanaan pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Bener Meriah periode 2017-2022. Objek penelitian ini adalah masyarakat Gampong Rimba yang telah terdaftar dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT). Proses pemilihan kepala daerah yang telah berlangsung di Kabupaten Bener Meriah khususnya Gampong Rimba Raya, memberikan kesan bahwa masih banyak masyarakat yang belum betul-betul memahami makna dari pemilukada itu sendiri, beberapa diantaranya menganggap pemilukada hal yang biasa-biasa saja. Ada pula masyarakat yang memilih hanya karena adanya ikatan kekerabatan dan lain sebagainya. Maka dari itu peneliti merasa tertarik untuk mengetahui lebih jauh, apakah ada pengaruh antara perilaku politik dengan pilihan politik masyarakat. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 973 orang, agar lebih spesifik peneliti mengambil 90 orang sebagai sampel dari penelitian. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Metode ini digunakan untuk meneliti hubungan diantara variabel-variabel penelitian. Berdasarkan hasil penelitian yang penulis lakukan perilaku politik masyarakat Gampong Rimba Raya 60% masih cenderung didasari oleh faktor-faktor yang bersifat tradisional dan ikatan-ikatan emosional seperti adanya hubungan kekerabatan, faktor lingkungan , ekonomi dan budaya politik.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X6 Sosial dan Budaya > 2X6.1 Masyarakat Islam > 2X6.15 Kelompok Sosial
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Pemerintahan > S1 Ilmu Politik
Depositing User: Marzuki Efendi Marzuki
Date Deposited: 03 Aug 2023 09:46
Last Modified: 03 Aug 2023 09:46
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/30555

Actions (login required)

View Item
View Item