Peran Dinas Sosial Dalam Pengentasan Kemiskinan Di Kabupaten Aceh Selatan

Miftahul Fitri, 190802077 (2023) Peran Dinas Sosial Dalam Pengentasan Kemiskinan Di Kabupaten Aceh Selatan. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

[thumbnail of Peran Dinas Sosial Dalam Pengentasan Kemiskinan Di Kabupaten Aceh Selatan] Text (Peran Dinas Sosial Dalam Pengentasan Kemiskinan Di Kabupaten Aceh Selatan)
MITA SKRIPSI (1).pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)

Abstract

Kemiskinan merupakan permasalahan umum yang sering dihadapi oleh negara-negara yang sedang berkembang di dunia. Demikian juga dengan Aceh Selatan yang merupakan salah satu kabupaten di Provinsi Aceh, dengan jumlah penduduk miskin yang mencapai 32,25 ribu jiwa berdasarkan hasil dari Badan Pusat Statistik Kabupaten Aceh Selatan Tahun 2021. Aceh Selatan merupakan wilayah yang potensial akan sumber daya seperti pertanian dan kelautan, akan tetapi tingkat kemakmuran di daerah ini masih di bawah rata-rata jika diukur berdasarkan angka kemiskinan pertahunnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran dinas sosial dalam pengentasan kemiskinan serta apa yang menjadi hambatan dalam pengentasan kemiskinan di Kabupaten Aceh Selatan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Metode pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, Dinas sosial Kabupaten Aceh Selatan memiliki peran yang sangat besar dalam rangka mengentas kemiskinan di Kabupaten Aceh Selatan. Dinas sosial Kabupaten Aceh Selatan berperan dalam melakukan pemberdayaan terhadap masyarakat kurang mampu serta penyaluran bantuan melalui program PKH, BPNT dan lain sebagainya. Akan tetapi dalam merealisasikan program-program tersebut dinas sosial Kabupaten Aceh Selatan memiliki beberapa faktor penghambat diantaranya adalah data penduduk miskin yang tidak akurat sehingga menyulitkan dinas sosial Kabupaten Aceh Selatan dalam proses pengentasan kemiskinan, kemudian juga dari faktor anggaran. Angka kemiskinan memanglah harus terus di tekan terutama oleh instansi terkait seperti dinas sosial agar terwujudnya masyarakat yang sejahtera dan makmur.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 360 Social Problems and Services (Permasalahan dan Kesejahteraan Sosial) > 362 Masalah dan pelayanan kesejahteraan sosial > 362.5 Masalah Pelayanan bagi orang Miskin
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Pemerintahan > S1 Ilmu Administrasi Negara
Depositing User: Miftahul Fitri Mita
Date Deposited: 03 Aug 2023 09:45
Last Modified: 03 Aug 2023 09:45
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/30558

Actions (login required)

View Item
View Item