Peran Badan Usaha Milik Gampong (BUMG) Dalam Meningkatkan Perekonomian Masyarakat Di Gampong Batee Tunggai Kecamatan Samadua Kabupaten Aceh Selatan

Melia Rinita, 190802073 (2023) Peran Badan Usaha Milik Gampong (BUMG) Dalam Meningkatkan Perekonomian Masyarakat Di Gampong Batee Tunggai Kecamatan Samadua Kabupaten Aceh Selatan. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

[thumbnail of Peran Badan Usaha Milik Gampong (BUMG) Dalam Meningkatkan Perekonomian Masyarakat Di Gampong Batee Tunggai Kecamatan Samadua Kabupaten Aceh Selatan] Text (Peran Badan Usaha Milik Gampong (BUMG) Dalam Meningkatkan Perekonomian Masyarakat Di Gampong Batee Tunggai Kecamatan Samadua Kabupaten Aceh Selatan)
Skripsi melia.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)

Abstract

Pemerintah memiliki peran yang dapat mempengaruhi kesinambungan pertumbuhan ekonomi karena pemerintah merupakan salah satu penggerak bagi pertumbuhan ekonomi daerah. Adanya Peraturan Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Republik Indonesia Nomor 4 Tahun 2015 tentang Pendirian, Pengurusan, dan Pengelolaan, dan Pembubaran Badan Usaha Milik Gampong, pasal 2 yaitu Pendirian BUMG dimaksudkan sebagai upaya menampung seluruh kegiatan di bidang ekonomi dan/atau pelayanan umum yang dikelola oleh Gampong dan/atau kerja sama antar-Gampong. Tujuan penelitian ini yaitu mengetahui peran dan hambatan BUMG dalam meningkatkan perekonomian masyarakat di Gampong Batee Tunggai Kecamatan Samadua Kabupaten Aceh Selatan. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif, melalui cara observasi, wawancara untuk mencari tahu tentang suatu peristiwa, fakta dan realita secara mendalam. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Peran BUMG Mahkota Desa di Gampong Batee Tunggai dalam peningkatan perekonomian masyarakat yakni turut berpartisipasi serta membantu dan mendukung partisipan untuk menaikkan pendapatan masyarakat anggota dari setiap peminjaman yang diberikan oleh BUMG yang digunakan untuk usaha. Faktor penghambat yang terjadi dalam menjalankan kegiatan BUMG Mahkota Desa seperti kurangnya partisipasi dari masyarakat, adanya bencana yang tidak terduga dan SDM pengurus yang lemah.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 320 Political and Government Science (Ilmu Politik dan Pemerintahan)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Pemerintahan > S1 Ilmu Administrasi Negara
Depositing User: Melia Rinita Melia
Date Deposited: 03 Aug 2023 09:45
Last Modified: 03 Aug 2023 09:45
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/30560

Actions (login required)

View Item
View Item