Strategi Komunikasi Konseling Guru Agama Islam Dalam Pembinaan Siswa Bermasalah Di MtsN 1 Abdya

Raihan Mutiara, 190201047 (2023) Strategi Komunikasi Konseling Guru Agama Islam Dalam Pembinaan Siswa Bermasalah Di MtsN 1 Abdya. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

[thumbnail of Strategi Komunikasi Konseling Guru Agama Islam Dalam Pembinaan Siswa Bermasalah Di MtsN 1 Abdya] Text (Strategi Komunikasi Konseling Guru Agama Islam Dalam Pembinaan Siswa Bermasalah Di MtsN 1 Abdya)
Raihan Mutiara, 190201047, FTK, PAI, 083154631970.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB)

Abstract

Penelitian kualitatif ini mencoba menganalisis berbagai strategi komunikasi konseling yang diterapkan oleh guru Agama Islam. Strategi-strategi ini meliputi pendekatan empati, pendekatan persuasif, penggunaan teknik konseling aktif, dan penerapan pendekatan Agama Islam dalam membina siswa bermasalah. Komunikasi Konseling merupakan suatu upaya yang sangat penting dilakukan untuk membentuk kepribadian siswa yang lebih baik di Madrasah, terutama siswa yang dikatagorikan sebagai siswa yang bermasalah serta dapat membantu mereka dalam menuntaskan permasalahan yang sedang dihadapinya. Keberhasilan pembinaan siswa bermasalah sangat tergantung pada model komunikasi konseling yang diterapkan oleh guru Agama Islam pada MTsN 1 Abdya. Adapun yang menjadi permasalahan dalam penelitian ini yaitu masih banyak ditemukan siswa yang tidak mematuhi aturan-aturan Madrasah seperti adanya siswa yang membawa HP ke Madrasah tanpa adanya izin dari guru, terlambat datang ke sekolah, tidak disiplin, berkelahi sesama teman kelas, mengambil barang milik temannya tanpa izin, malas setor hafalan, merusak fasilitas sekolah, malas dalam belajar, dan adapun permasalahan yang lainnya yaitu guru Agama Islam di MTsN 1 Abdya masih kurang menguasai ilmu terkait tentang strategi komunikasi konseling pada pembinaan siswa bermasalah. Tujuan penelitian dalam skripsi ini adalah untuk mengeksplorasi dan menganalisis strategi komunikasi konseling yang digunakan oleh guru agama Islam dalam pembinaan siswa bermasalah,menemukan hambatan dan solusi yang mampu mengatasinya secara lebih baik dan proporsional di sana. Secara teori pada umumnya pola dan teknik konseling tidak terlepas dari strategi yang digunakan oleh guru di sana. Adapun metodologi yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif, dengan perolehan data melalui observasi, dan wawancara, analisan dukumen, dan data. Responden dalam penelitian ini terdiri dari 5 orang yaitu seorang kepala Madrasah
dan 4 orang guru Agama Islam (SKI, Fiqh, Akidah-akhlak, Al-Qur’an Hadits) yang aktif melaksanakan pembelajaran. Adapun hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi komunikasi konseling yang digunakan guru Agama Islam di MTsN
1 Abdya dalam melakukan pembinaan terhadap siswa bermasalah terdiri dari enam strategi penting yaitu dengan cara menggunakan pedekatan pemantauan dan pengawasan, komunikasi aktif secara personal, rekam jejak siswa bermasalah,penyadaran dan nasehat, pemahaman dan penegakan hukuman sesuai dengan peraturan dan kebijakan, serta bimbingan kuratif dan kerektif.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Raihan Mutiara
Date Deposited: 04 Aug 2023 10:19
Last Modified: 04 Aug 2023 10:19
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/30601

Actions (login required)

View Item
View Item