Pengaruh Media Video Animasi Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas IV Pada Pembelajaran Tematik Di MIN 27 Aceh Besar

Lismawati, 180209056 (2023) Pengaruh Media Video Animasi Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas IV Pada Pembelajaran Tematik Di MIN 27 Aceh Besar. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

[thumbnail of Pengaruh Media Video Animasi Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas IV Pada Pembelajaran Tematik Di MIN 27 Aceh Besar] Text (Pengaruh Media Video Animasi Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas IV Pada Pembelajaran Tematik Di MIN 27 Aceh Besar)
Skripsi (LISMAWATI 180209056).pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB)

Abstract

Pentingnya berpikir kritis menjadikan siswa berpikir terbuka, maupun merumuskan masalah dengan jelas dan tepat, mampu mengumpulkan dan menilai informasi yang relevan, menggunakan ide-ide untuk menafsirkan secara efektif sebuah kesimpulan dengan memberikan alasan dan solusi, mampu berkomunikasi secara efektif dengan orang lain. Kenyataannya, kemampuan berpikir kritis siswa masih tergolong rendah, sehingga dibutuhkan suatu media pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Media video animasi, merupakan suatu media yang dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Tujuan dalam penelitian ini yaitu (1) Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh media video animasi terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. (2) Untuk mengetahui seberapa besar kemampuan berpikir kritis siswa setelah digunakan media video animasi. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian Pre-Experimental Design dengan menggunakan rancangan One-Group Pretest-Posttest Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV 27 Aceh Besar. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan Simple Random Sampling. Pada penelitian ini sampelnya terdiri dari satu kelas yaitu kelas IV-a. Pengumpulan data digunakan dengan menggunakan lembar tes kemampuan berpikir kritis. Dari hasil penelitian diperoleh thitung = 2,56 dan ttabel = 1,75, maka thitung > ttabel , berarti bahwa Media Video Animasi dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.1 Guru dan Pengajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Lismawati Lisma
Date Deposited: 08 Aug 2023 09:50
Last Modified: 08 Aug 2023 09:50
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/30604

Actions (login required)

View Item
View Item