Penanganan Stunting Balita Di Kabupaten Aceh Tengah

Sastra Madani, 190802001 (2023) Penanganan Stunting Balita Di Kabupaten Aceh Tengah. Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Koordinasi penanganan stunting] Text (Koordinasi penanganan stunting)
SASTRA MADANi.pdf
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Tingginya angka stunting balita di Aceh Tengah turut menjadi salah satu permasalahan di Aceh Tengah. Pada tahun 2018 prevalensi angka stunting di Aceh Tengah melampaui batasan angka nasional. Menerima data tersebut, Pemerintah Aceh Tengah melakukan keterlibatan dinas dan masyarakat dalam penanganan stunting tersebut melalui Peraturan Bupati Aceh Tengah Nomor 14 Tahun 2018 Tentang Penurunan Stunting dan Keputusan Bupati Aceh Tengah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana implementasi kebijakan dalam penanganan stunting balita di Kabupaten Aceh Tengah dan mengetahui bagaimana koordinasi BKKBN, BAPPEDA, DPMK dan DINKES dalam penanganan stunting balita di kabupaten Aceh Tengah. Metode yang digunakan penelitian adalah deskriptif kualitatif dengan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi sebagai teknik pengumpulan data serta reduksi data, dependabilitas dan triangulasi sebagai teknik pemeriksaan keabsahan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi kebijakan berdasarkan indikator komunikasi, sumberdaya, disposisi, dan struktur birokrasi berjalan dengan baik dengan adanya Koordinasi dan kepercayaan antara pihak yang terlibat dalam mengatasi permasalahan angka stunting dan adanya kebersamaan antara Tim Percepatan Penurunan stunting (TPPS) sehingga angka stunting turun. Penelitian ini menyimpulkan bahwa impelementasi kebijakan penanganan stunting di Kabupaten Aceh Tengah telah dilaksanakan sesuai indikator dan koordinasi BKKBN, BAPPEDA, DINKES dan DPMK telah dilaksanakan sesuai indikator walaupun ada terjadi kendala dalam lapangan. Saran untuk penanganan stunting balita adalah adanya peningkatan pemahaman tentang teknologi aplikasi untuk penurunan Stunting agar masyarakat dan yang terkait memahami bahwa pentingnya mendeteksi angka Stunting sejak dini dan perlunya kesadaran dan lebih dekat lagi kepada masyarakat agar masyarakat ada inisiatif dalam dirinya bahwa pengukuran anak balita sangat penting dilaksanakan.


Kata Kunci: Koordinasi, Tim Percepatan Penurunan Stunting, Stunting.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 302 Interaksi sosial
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 302 Interaksi sosial > 302.4 Interaksi sosial antar kelompok
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 320 Political and Government Science (Ilmu Politik dan Pemerintahan)
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 360 Social Problems and Services (Permasalahan dan Kesejahteraan Sosial)
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 360 Social Problems and Services (Permasalahan dan Kesejahteraan Sosial) > 365 Lembaga permasyarakatan dan lembaga berkaitan
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Pemerintahan > S1 Ilmu Administrasi Negara
Depositing User: Sastra Madani Sastra
Date Deposited: 07 Aug 2023 09:42
Last Modified: 07 Aug 2023 09:42
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/30606

Actions (login required)

View Item
View Item