Pembagian Bantuan Program Keluarga Harapan (PKH) Sebagai Program Penanggulangan Kemiskinan (Studi Kasus Kecamatan Serbajadi)

Jainatul Mawarni, 190801018 (2023) Pembagian Bantuan Program Keluarga Harapan (PKH) Sebagai Program Penanggulangan Kemiskinan (Studi Kasus Kecamatan Serbajadi). Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Pemerintahan.

[thumbnail of Pembagian Bantuan Program Keluarga Harapan (PKH) Sebagai Program Penanggulangan Kemiskinan (Studi Kasus Kecamatan Serbajadi)] Text (Pembagian Bantuan Program Keluarga Harapan (PKH) Sebagai Program Penanggulangan Kemiskinan (Studi Kasus Kecamatan Serbajadi))
Jainatul Mawarni, 190801018, FISIP, IP, 082364363176.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB)

Abstract

Program Keluarga Harapan (PKH) merupakan program bantuan sosial yang diberikan oleh pemerintah berbentuk uang tunai yang disalurkan melalui kartu KPM PKH. Peraturan Menteri Sosial Republik Indonesia Nomor 1 Tahun 2018 tentang Program Keluarga Harapan ditetapkan untuk mendukung pelaksanaan penyaluran program perlindungan sosial. Di Kecamatan Serbajadi ada sebanyak 450 Kartu Keluarga yang menerima PKH pada tahun 2021, sedangkan pada tahun 2022 ada sebanyak 456 kartu keluarga. Hal ini membuktikan bahwasannya meningkatnya angka penerima PKH. PKH memiliki tujuan untuk mengurangi angka kemiskinan yang ada di Indonesia dan sekaligus meningkatkan investasi sumber daya manusia pada generasi mendatang dengan meningkatkan Kesehatan anak dan kualitas Pendidikan. Pertanyaan penelitian dalam skripsi ini adalah bagaimana pengaruh Program Keluarga Harapan (PKH) sebagai program penanggulangan kemiskinan di Kecamatan Serbajadi. Metode penelitian yang dilakukan yakni berupa pendekatan kualitatif, dimana peneliti melakukan wawancara dengan informan yang bersangkutan untuk mengatahui keadaan kemiskinan serta pengaruh PKH di Kecamatan Serbajadi. Hasil penelitian yang didapatkan bahwasannya PKH ini berhasil sebagai program penanggulangan kemiskinan, hal ini dapat dilihat dari hasil wawancara dengan Koordinator PKH Kecamatan hampir 95% kehidupan masyarakat mulai terpenuhi dan berubah mulai dari segi Pendidikan anaknya dan juga hampir rata-rata ekonomi masyarakat terpenuhi serta anaknya juga bisa bersekolah dengan adanya bantuan PKH tersebut dan juga jumlah anak sekolah di Serbajadi meningkat dari tahun 2015-2022. Dilihat dari teori penanggulangan kemiskinan yang digunakan oleh World Bank yaitu dengan meningkatkan investasi sumber daya manusia melalui Pendidikan dan Kesehatan. Meskipun begitu angka kemiskinan yang ada di Serbajadi mencapai 47,7%, hal ini disebabkan karena masih banyaknya dari masyarakat yang bersikeras untuk masuk ke dalam kategori miskin. Dari paparan diatas dapat disimpulkan bahwasannya factor kemiskinan yang dihadir dimasyarakat masih disebabkan karena factor internal masyarakat sendiri sedangkan dari segi PKH sendiri berhasil meningkatkan kualitas Pendidikan anak.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Pemerintahan > S1 Ilmu Politik
Depositing User: Jainatul Mawarni
Date Deposited: 07 Aug 2023 09:45
Last Modified: 07 Aug 2023 09:45
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/30620

Actions (login required)

View Item
View Item