Penerapan Model Role Playing Dalam Pembelajaran Tematik Untuk Meningkatkan Keaktifan Dan Hasil Belajar Siswa Kelas IV MIN 27 Aceh Besar

Tonironi Ken Tuah, 180209114 (2023) Penerapan Model Role Playing Dalam Pembelajaran Tematik Untuk Meningkatkan Keaktifan Dan Hasil Belajar Siswa Kelas IV MIN 27 Aceh Besar. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

[thumbnail of Penerapan Model Role Playing Dalam Pembelajaran Tematik Untuk Meningkatkan Keaktifan Dan Hasil Belajar Siswa Kelas IV MIN 27 Aceh Besar] Text (Penerapan Model Role Playing Dalam Pembelajaran Tematik Untuk Meningkatkan Keaktifan Dan Hasil Belajar Siswa Kelas IV MIN 27 Aceh Besar)
Tonironi Ken Tuah.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (12MB)

Abstract

Salah satu upaya untuk meningkatkan hasil belajar siswa adalah dengan cara menerapkan model pembelajaran yang bervariasi dan inovatif. Pada umumnya apabila pembelajaran yang diajarkan tidak bervariasi dan inovatif maka akan membuat siswa cenderung mudah bosan dan jenuh pada saat proses pembelajaran berlangsung. Hal ini menyebabkan hasil belajar siswa rendah terhadap materi pembelajaran Tematik, khususnya pada materi Tema 3 Subtema 1 Peduli Terhadap Makhluk Hidup Subtema 1 Pembelajaran 1. Model Role Playing menjadi salah satu alternatif untuk dapat mengatasi masalah tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk melihat aktivitas guru, siswa, keaktifan dan hasil belajar dengan penerapan model Role Playing pada materi Tema 3 Subtema 1 Peduli Terhadap Makhluk Hidup Subtema 1 Pembelajaran 1. Metode penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan lembar observasi aktivitas guru, aktivitas siswa, lembar pengamatan keaktifan belajar siswa dan tes hasil belajar siswa. Penelitian ini berlangsung dalam II siklus. Hasil dari penelitian dari lembar observasi aktivitas guru pada siklus I dengan nilai rata-rata 71,25% (baik), kemudian mengalami peningkatan pada siklus II dengan nilai rata-rata 96,25% (baik sekali). Pada siklus I, nilai rata-rata observasi aktivitas siswa adalah 65% (cukup), terlihat bahwa masih sangat banyak kekurangan, pada siklus II mengalami peningkatan dengan nilai rata-rata 96,25% (baik sekali). Lembar pengamatan keaktifan belajar siswa, pada siklus I dengan nilai rata-rata 43,88% dapat dikategorikan siswa tidak aktif pada proses pembelajaran, pada siklus II mengalami peningkatan dengan nilai rata-rata 80,00% dapat dikategorikan siswa sangat aktif pada proses pembelajaran.Berdasarkan hasil belajar siswa, pada siklus I dengan nilai 62, maka belum dikatakan berhasil. Pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 72,44 dan tes akhir hasil belajar siswa sudah mencapai ketuntasan KKM secara klasikal. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model Role Playing yang sudah diterapkan dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.1 Guru dan Pengajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Tonironi Ken Tuah Toni
Date Deposited: 07 Aug 2023 10:06
Last Modified: 07 Aug 2023 10:06
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/30624

Actions (login required)

View Item
View Item