Identifikasi Masalah Prokrastinasi Akademik Penyelesaian Studi Mahasiswa Program Studi Teknik Sipil Muhammadiyah Banda Aceh

Hefi Merlinda, 180402105 (2023) Identifikasi Masalah Prokrastinasi Akademik Penyelesaian Studi Mahasiswa Program Studi Teknik Sipil Muhammadiyah Banda Aceh. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Dakwah dan Komunikasi.

[thumbnail of Identifikasi Masalah Prokrastinasi Akademik Penyelesaian Studi Mahasiswa Program Studi Teknik Sipil Muhammadiyah Banda Aceh] Text (Identifikasi Masalah Prokrastinasi Akademik Penyelesaian Studi Mahasiswa Program Studi Teknik Sipil Muhammadiyah Banda Aceh)
Hefi Merlinda, 180402105, FDK, BKI, 082165355786.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB)

Abstract

Sebagian mahasiswa masih belum bisa dijadikan sebagai panutan bagi mahasiswa yang lain yang berada dibawah mereka sehingga masih banyak ditemukan mahasiswa yang tidak tepat waktu dalam menyelesaikan program studinya bahkan ada sebagian mahasiswa yang menyelesaikan program studinya lebih dari lima tahun. Maka dari itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui masalah-masalah yang menyebabkan terjadinya prokrastinasi akademik mahasiswa Prodi Teknik Sipil. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling. Dalam penelitian ini dipilih 6 informan yang terdiri dari 3 orang mahasiswa angkatan 2016 dan 3 mahasiswa angkatan 2018. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara terstruktur, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menujukkan bahwa: pertama, masalah-masalah yang menyebabkan terjadinya prokrastinasi akademik pada mahasiswa Prodi Teknik Sipil Universitas Muhammadiyah Banda Aceh dikarenakan adanya dua faktor yaitu faktor internal seperti rasa malas, menyelesaiakan skripsi tergantung mood, keinginanan untuk menunda-nunda penyelesaian skripsi. Faktor ekternal yaitu karena harus membagi waktu terhadap keluarga dan skripsi, adanya pengaruh dari organisasi dan ada yang sedang bekerja sehingga tidak fokus untuk menyelesaikan skripsi dengan tepat waktu, menggunakan waktu demi kesenangan dalam meninggalkan tugas skripsi. Kedua, Perilaku mahasiswa Program Studi Teknik Sipil Universitas Muhammadiyah Banda Aceh dalam mengatasi bentuk prokrastinasi yang sedang dialami di antaranya yaitu mereka butuh dorongan dan dukungan dari orang tua, lebih mengutamakan mengobrol bareng teman sehingga tidak fokus dalam menyelesaikan skripsi, liburan, rekreasi dan mementingkan organisasi daripada skripsi.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > S1 Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Hefi Merlinda Hefi
Date Deposited: 07 Aug 2023 09:49
Last Modified: 07 Aug 2023 09:49
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/30625

Actions (login required)

View Item
View Item