Pelayanan Administrasi Pertanahan Di Kecamatan Labuhan Haji Kabupaten Aceh Selatan

Asrinaldi, 180802046 (2023) Pelayanan Administrasi Pertanahan Di Kecamatan Labuhan Haji Kabupaten Aceh Selatan. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

[thumbnail of Pelayanan Administrasi Pertanahan Di Kecamatan Labuhan Haji Kabupaten Aceh Selatan] Text (Pelayanan Administrasi Pertanahan Di Kecamatan Labuhan Haji Kabupaten Aceh Selatan)
ASRINALDI upload.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)

Abstract

Badan Pertanahan Nasional Kabupaten Aceh Selatan telah melakukan kerjasama dengan Kantor Camat Labuhan haji sebagai bentuk upaya memberikan pelayanan dan informasi kepada masyarakat dalam pembuatan sertifikat tanah bagi yang belum memilikinya dengan berkunjung pada kantor Kecamatan Labuhanhaji. Pelayaan administrasi pertanahan pada tingkat kecamatan dapat memudahkan masyarakat Labuhan haji dalam proses penyelesaian pembuatan akta tanah melalui prosedur administrasi pertanahan. Administrasi pertanahan Kecamatan ditangani langsung oleh bidang Pejabat Pembuat Akta. Rumusan Masalah bagaimana pelaksanaan pelayanan administrasi pertanahan di Kecamatan Labuhan haji Kabupaten Aceh Selatan. Apa faktor pendukung dan penghambat dalam pelayanan administrasi pertanahan di Kecamatan Labuhan haji Kabupaten Aceh Selatan. Tujuan penelitian untuk menganalisis pelayanan administrasi pertanahan Kecamatan Labuhan haji Kabupaten Aceh Selatan dan untuk mengetahui hambatan dalam proses pelayanan administrasi pertanahan kepada masyarakat. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kulitatif, dengan menggunakan pendekatan penelitian lapangan. Hasil penelitian pelayanan administrasi pertanahan Kantor Camat Labuhan haji belum secara maksimal dilakukan kepada masyarakat dikarenakan kemampuan dan etos kerja petugas kantor camat belum seutuhnya dapat dipahami dan dimengerti, sehingga dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat sehingga masih ditemukan kesulitan-kesulitan dalam mengembangkan informasi kepada masyarakat. Maka perlu adanya pembenahan dan perbaikan dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat yang belum paham terhadap proses administrasi pemerintah tentang mempersiapan dokumen dan data pendukung lainnya. Penelitian ini menyimpulkan bahwa Kekurangan pengetahuan masyarakat dalam kelengkapan administrasi, maka setiap petugas dan Pegawai Kantor Camat dapat memberikan informasi dengan mengarahkan Langkah-langkah kerja secara efesien dan efektif.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 320 Political and Government Science (Ilmu Politik dan Pemerintahan)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Pemerintahan > S1 Ilmu Administrasi Negara
Depositing User: Asrinaldi Asri
Date Deposited: 07 Aug 2023 09:49
Last Modified: 07 Aug 2023 09:49
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/30627

Actions (login required)

View Item
View Item