Implementasi Teknologi Finansial Terhadap Peningkatan Pendapatan Pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Di Kecamatan Kuta Alam Kota Banda Aceh (Analisis Perspektif Maqasid Syariah)

Zulfakriza, 160602041 (2023) Implementasi Teknologi Finansial Terhadap Peningkatan Pendapatan Pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Di Kecamatan Kuta Alam Kota Banda Aceh (Analisis Perspektif Maqasid Syariah). Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Implementasi Teknologi Finansial Terhadap Peningkatan Pendapatan Pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Di Kecamatan Kuta Alam Kota Banda Aceh (Analisis Perspektif Maqasid Syariah)] Text (Implementasi Teknologi Finansial Terhadap Peningkatan Pendapatan Pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Di Kecamatan Kuta Alam Kota Banda Aceh (Analisis Perspektif Maqasid Syariah))
Zulfakriza, 160602041, FEBI, ES, 082229072426.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)

Abstract

Teknologi Finansial merupakan terobosan teknologi dari ekonomi modern. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana implementasi, dampak, serta persepektif maqasid syariah pada Teknologi Finansial Terhadap Peningkatan Pendapatan Pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Di Kecamatan Kuta Alam Kota Banda Aceh. Penelitian ini merupakan penilitian kualitatif deskriptif dengan menggunakan teknik wawancara terhadap 5 orang informan untuk mendapatkan data yang kemudian dianalisis dengan 3 tahapan yaitu, Data Collection, Data Reduction, dan Data Conclucion. Berdasarkan data yang telah dikumpulkan didapati bahwa mayoritas informan telah menerapkan penggunaan Fintech pada usahanya. Kemudian mayoritas informan menggunakan Fintech berjenis e-wallet dan e-money dan sebagian kecil informan menggunakan fintech berjenis e-commerce. Dampak implementasi teknologi finansial terhadap peningkatan pendapatan pelaku UMKM terbagi menjadi dua yaitu peningkatan yang signifikan dan peningkatan yang tidak signifikan. Kemudian, teknologi finansial yang diterapkan oleh pelaku UMKM di Kec. Kuta alam yang dijadikan narasumber telah memenuhi unsur maqasid maqasid syariah yaitu menjaga agama (ad-din), memelihara jiwa (an-nafs), memelihara akal (al-‘aql), menjaga harta (al-mal), dan memelihara keturunan (an-nasl).

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Teknologi Finansial, Peningkatan Pendapatan, Maqasid Syariah
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > S1 Ekonomi Syariah
Depositing User: Zulfakriza Zulfakriza
Date Deposited: 14 Aug 2023 09:50
Last Modified: 14 Aug 2023 09:50
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/30634

Actions (login required)

View Item
View Item