Pendekatan Pembelajaran Stem (Science, Technology, Engineering, And athematics) Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Ditinjau Dari Perbedaan Gender Di SMPN 4 Banda Aceh

Intan Layyina, 180207085 (2023) Pendekatan Pembelajaran Stem (Science, Technology, Engineering, And athematics) Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Ditinjau Dari Perbedaan Gender Di SMPN 4 Banda Aceh. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

[thumbnail of Pendekatan Pembelajaran Stem (Science, Technology, Engineering, And athematics) Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Ditinjau Dari Perbedaan Gender Di SMPN 4 Banda Aceh] Text (Pendekatan Pembelajaran Stem (Science, Technology, Engineering, And athematics) Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Ditinjau Dari Perbedaan Gender Di SMPN 4 Banda Aceh)
Intan Layyina, 180207085, FTK, PBL, 082274688615.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB)

Abstract

Pelaksanaan pembelajaran mata pelajaran biologi di SMPN 4 Banda Aceh masih cenderung konvensional, hal ini memberikan dampak terhadap hasil belajar yang mana rata-rata belum mencapai nilai KKM yang ditetapkan guru. Rendahnya hasil belajar salah satunya adalah sistem pembelajaran kurang bervariasi terutama dalam penggunaan pendekatan dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk menghitung peningkatan hasil belajar siswa pada materi sistem pencernaan dengan menggunakan pendekatan pembelajaran STEM (Science, Technology, Engineering and Mathematics) yang ditinjau dari perbedaan gender, dan menjabarkan respon siswa terhadap pendekatan pembelajaran STEM pada materi sistem pencernaan yang ditinjau dari perbedaan gender di SMPN 4 Banda Aceh. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian Pre experiment. Instrumen penelitian menggunakan lembaran tes dan lembaran angket untuk menganalisis respon siswa, serta soal multiple choice untuk menganalisis hasil belajar siswa. Teknik analisis data hasil belajar dianalisis menggunakan N-gain dan uji-t, dan skala Guttman untuk menganalisis hasil respon siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar siswa laki-laki dengan kategori tinggi yaitu 0,78, dan siswi perempuan dengan kategori tinggi yaitu 0,77. Hasil analisis uji-t pada siswa laki-laki diperoleh thitung > ttabel yaitu 27,32>1,76, dan siswi perempuan diperoleh thitung > ttabel yaitu 16,25 > 1,76. Dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan peningkatan hasil belajar siswa menggunakan pendekatan pembelajaran STEM ditinjau dari perbedaan gender pada materi sistem pencernaan di SMPN 4 Banda Aceh

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 600 Technology (Applied Sciences)
600 Technology (Applied Sciences) > 660 Chemical Engineering and Related Technologies (Teknologi Kimia dan Ilmu yang Berkaitan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Intan Layyina Intan
Date Deposited: 08 Aug 2023 09:49
Last Modified: 08 Aug 2023 09:49
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/30638

Actions (login required)

View Item
View Item