Analisis Penerapan Etika Bisnis Syariah Dalam Transaksi Jual Beli Untuk Meningkatkan Loyalitas Pelanggan (Studi Pada Toko Emas Pasar Aceh, Kecamatan Baiturrahman, Banda Aceh)

Syifa Shahira, 190602101 (2023) Analisis Penerapan Etika Bisnis Syariah Dalam Transaksi Jual Beli Untuk Meningkatkan Loyalitas Pelanggan (Studi Pada Toko Emas Pasar Aceh, Kecamatan Baiturrahman, Banda Aceh). Masters thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Analisis Penerapan Etika Bisnis Syariah Dalam Transaksi Jual Beli Untuk Meningkatkan Loyalitas Pelanggan] Text (Analisis Penerapan Etika Bisnis Syariah Dalam Transaksi Jual Beli Untuk Meningkatkan Loyalitas Pelanggan)
Syifa Shahira, 190602101, FEBI, ES.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB)

Abstract

Etika bisnis Islam adalah ilmu tentang apa yang baik dan apa yang buruk dan tentang hak dan kewajiban moral bertujuan untuk mendidik moralitas manusia dalam perdagangan yang meliputi baik perdagangan barang maupun perdagangan jasa yang mengacu pada Al-Qur’an dan Hadis. Adapun tujuan penelitian ini untuk dapat mengetahui bagaimana penerapan etika bisnis syariah dalam transaksi jual beli dan strategi dalam meningkatkan loyalitas pelanggan di toko emas Pasar Aceh. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode deskriptif kualitatif. Selain itu jenis data yang peneliti lakukan yaitu menggunakan data primer dan data sekunder. Di dalam penelitian ini teknik pengumpulan data yang digunakan antara lain observasi dan wawancara. Adapun yang menjadi informan pada penelitian ini yaitu pedagang emas, dan pelanggan yang membeli emas di Pasar Aceh. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa, penerapan etika bisnis syariah yang dijalankan di Pasar Aceh Kota Banda Aceh belum sepenuhnya dijalankan, terutama dari segi tanggung jawab dan kebenaran, kebajikan, kejujuran yang masih mementingkan keuntungan semata.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > S1 Ekonomi Syariah
Depositing User: Syifa Shahira Syifa
Date Deposited: 08 Aug 2023 09:48
Last Modified: 08 Aug 2023 09:48
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/30649

Actions (login required)

View Item
View Item