Penerapan Konseling Kelompok Teknik Ability Potential Response Dalam Menurunkan Slow Learner Pada Siswa Kelas Vii Mtsn 6 Aceh Besar

Nopilda Syahfitri, 180213054 (2023) Penerapan Konseling Kelompok Teknik Ability Potential Response Dalam Menurunkan Slow Learner Pada Siswa Kelas Vii Mtsn 6 Aceh Besar. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

[thumbnail of Penerapan Konseling Kelompok Teknik Ability Potential Response Dalam Menurunkan Slow Learner Pada Siswa Kelas Vii Mtsn 6 Aceh Besar] Text (Penerapan Konseling Kelompok Teknik Ability Potential Response Dalam Menurunkan Slow Learner Pada Siswa Kelas Vii Mtsn 6 Aceh Besar)
SKRIPSI NOPILDA SYAHFITRI upload.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB)

Abstract

Slow leaarner ialah anak yang memiliki prestasi belajar rendah atau sedikit di bawah rata-rata dari anak pada umumnya pada salah satu atau seluruh pelajaran. Anak slow learner memerlukan teknik khusus salah satunya ialah teknik ability potential response. Teknik ability potential response menitikberatkan pada pengakuan secara verbal dari konselor kepada konseli mengenai kemampuan yang dimiliki untuk dapat mandiri dalam bertindak. Penelitian bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan konseling kelompok teknik ability potential response dalam menurunkan slow learner siswa MTs Negeri 6 Aceh Besar. Metode dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif yang berbentuk One Group Pretest Posttest Design. Populasi berjumlah 66 siswa, dan sampel 7 siswa, dan menggunakan teknik purpose sampling. Teknik pengumpulan data dengan angket untuk mengukur slow learner siswa, setelah memperoleh data, data dianalisis dengan menggunakan uji-T dengan bantuan Microsoft Excel. Hasil penelitian menunjukkan penerapan konseling kelompok teknik ability potential response dalam menurunkan slow learner siswa memperoleh nilai t hitung sebesar 21.146 lebih besar dibandingkan t tabel sebesar 1.895 (21.146 > 1.895) pada taraf signifikansi 0.05. Artinya, terjadi penurunan pada slow learner siswa sehingga hipotesis alternatif (Ha) diterima dan hipotesis nihil (Ho) ditolak. Kesimpulan penelitian menunjukkan penerapan konseling kelompok teknik ability potential response dapat menurunkan slow learner siswa. Penelitian ini dapat dijadikan bahan rujukan bagi penelitian selanjutnya terkait slow learner siswa.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 372 Pendidikan dasar > 372.1 Organisasi dan Aktivitas pada Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Konseling
Depositing User: Nopilda Syahfitri Nopilda
Date Deposited: 08 Aug 2023 10:24
Last Modified: 08 Aug 2023 10:24
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/30654

Actions (login required)

View Item
View Item