Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Scratch Terhadap Peningkatan Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Desain Grafis Di SMK Darul Ihsan

Fitri Yanti M, 180212026 (2023) Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Scratch Terhadap Peningkatan Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Desain Grafis Di SMK Darul Ihsan. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

[thumbnail of Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Scratch Terhadap Peningkatan Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Desain Grafis Di SMK Darul Ihsan] Text (Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Scratch Terhadap Peningkatan Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Desain Grafis Di SMK Darul Ihsan)
UPLOD.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat apakah penggunaan media pembelajaran Scratch dapat mempengaruhi minat siswa dalam belajar. Penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 28 januari 2023. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan menggunakan metode Quasy Eksperiment dengan model One Groups Pretest-Posttest Design. Dari hasil analisis pengkajian pre-test dengan post-test yang telah didapatkan dari respon peserta didik pengaruh penggunaan media pembelajaran Scratch didapatkan hasil uji thitung bernilai 6,574 dari nilai ttabel 2,056. Dengan ini hipotesis diterima, yaitu media pembelajaran Scratch berpengaruh terhadap proses belajar pada mata pelajaran desain grafis di SMK Darul Ihsan. Pengaruh media pembelajaran Scratch dalam proses pembelajaran pretest dan posttest yang ditunjukkan melalui uji hipotesis yakni 0,247 > 0,005 dibuktikan dengan analisis statistik yang menyatakan bahwa nilai Sig < α yaitu 0,000 > 0,05 dengan selisih 15%. Dengan demikian, Ho ditolak dan Ha diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan media pembelajaran Scratch dapat mempengaruhi minat belajar siswa pada mata pelajaran desain grafis di SMK Darul Ihsan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.1 Guru dan Pengajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Tehnologi Informasi
Depositing User: Fitri Yanti M. Fitri
Date Deposited: 28 Aug 2023 04:31
Last Modified: 28 Aug 2023 04:31
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/30673

Actions (login required)

View Item
View Item