Tantangan Pelibatan Keluarga dalam Meningkatkan Life Skill Anak Penyandang Disabilitas di Sekolah Luar Biasa (Slb) Pembina Kabupaten Gayo Lues

Nurul Hidayati, 190405002 (2023) Tantangan Pelibatan Keluarga dalam Meningkatkan Life Skill Anak Penyandang Disabilitas di Sekolah Luar Biasa (Slb) Pembina Kabupaten Gayo Lues. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

[thumbnail of Tantangan Pelibatan Keluarga dalam Meningkatkan Life Skill Anak Penyandang Disabilitas di Sekolah Luar Biasa (Slb) Pembina Kabupaten Gayo Lues] Text (Tantangan Pelibatan Keluarga dalam Meningkatkan Life Skill Anak Penyandang Disabilitas di Sekolah Luar Biasa (Slb) Pembina Kabupaten Gayo Lues)
UPLOAD.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)

Abstract

Tantangan adalah suatu hal yang dirasa tidak biasa yang harus dihadapi dan diselesaikan. Tantangan dapat dirasakan oleh siapa saja termasuk orang tua yang memiliki anak penyandang disabilitas. Anak penyandang disabilitas berhak mendapatkan pendidikan di sekolah khusus pendidikan luar biasa. Selain pendidikan di sekolah, anak penyandang disabilitas juga harus mendapatkan pendidikan dirumah yang diberikan oleh keluarga terutama orang tua. Keluarga merupakan unit terkecil yang berperan penting dalam memberikan pengasuhan dan pendidikan bagi anak, namun sebagian orang tua merasa bahwa tanggung jawab pendidikan anak hanya diberikan oleh sekolah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tantangan pelibatan keluarga dalam meningkatkan life skill anak penyandang disabilitas di Sekolah Luar Biasa (SLB) Pembina kabupaten Gayo Lues dan peran orang tua dalam meningkatkan life skill anak penyandang disabilitas. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini menemukan beberapa tantangan yang dihadapi oleh keluarga diantaranya: (1) Pola asuh yang konsisten dan sesuai dengan anak penyandang disabilitas, (2) Tekanan psikologis yang lebih tinggi dalam mengasuh anak penyandang disabilitas, (3) Kematangan orang tua dalam mendidik anak penyandang disabilitas. Adapun peran orang tua dalam meningkatkan life skill anak penyandang disabilitas diantaranya: (1) Peran orang tua dalam memberikan layanan pendidikan alternatif kepada anak penyandang disabilitas, (2) Peran orang tua dalam memenuhi kebutuhan anak penyandang disabilitas dan (3) Peran orang tua dalam memberikan dukungan sosial terhadap anak penyandang disabilitas.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X6 Sosial dan Budaya > 2X6.1 Masyarakat Islam > 2X6.15 Kelompok Sosial
Divisions: UPT Perpustakaan
Depositing User: Nurul Hidayati Nurul
Date Deposited: 08 Aug 2023 10:37
Last Modified: 08 Aug 2023 10:37
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/30681

Actions (login required)

View Item
View Item