Penggunaan Media Film Untuk Mengarahkan Pemilihan Karir Siswa Di SMA Negeri 11 Banda Aceh

Aqilla Tantya Gunawan, 180213037 (2023) Penggunaan Media Film Untuk Mengarahkan Pemilihan Karir Siswa Di SMA Negeri 11 Banda Aceh. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

[thumbnail of Penggunaan Media Film Untuk Mengarahkan Pemilihan Karir Siswa Di SMA Negeri 11 Banda Aceh] Text (Penggunaan Media Film Untuk Mengarahkan Pemilihan Karir Siswa Di SMA Negeri 11 Banda Aceh)
SKRIPSI AQILLA TANTYA GUNAWAN upload.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB)

Abstract

Pemilihan karir adalah proses pengambilan keputusan seumur hidup dimana individu mencari kecocokan yang optimal antara tujuan karir dengan realita dunia artinya siswa terlebih dahulu harus mengetahui kemampuan, kecerdasan, minat, bakat, nilai-nilai supaya dapat menentukan pekerjaan mana sesuai dengan kemampuan dan potensi yang dimilikinya. Namun di SMA Negeri 11 Banda Aceh terdapat siswa yang memiliki pemilihan karir dan keinginan mencari informasi karir rendah sehingga berdampak pada masa depan karir siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah pengaruh Penggunaan Media Film Untuk Mengarahkan Pemilihan Karir siswa di SMA Negeri 11 Banda Aceh melalui layanan bimbingan karir menggunakan media film dapat berpegaruh. Penelitian kuantitatif ini menggunakan metode eksperimen dengan One Group Pre-Test-Posttest Design. Sampel berjumlah 33 siswa dari 210 populasi dengan menggunakan Teknik Purposive Sampling, Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, skala dan dokumentasi. Teknik analisis data dibantu oleh SPSS. Hasil penelitian menunjukkan pemilihan karir siswa dengan menggunakan media film memiliki signifikasi, ditandai pada perubahan skor rata-rata pretest 86,70 menjadi 163,27 pada posttest. Artinya pemilihan karir siswa setelah diberikan layanan bimbingan menggunakan media film dokumenter diperoleh dari hasil Uji Hipotesis yaitu perolehan ttabel<thitung - 8,158<53,917. Dari perbandingan data diputuskan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Dapat disimpulkan bahwa penggunaan media film dokumenter berpengaruh dalam mengarahkan pemilihan karir siswa.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.1 Guru dan Pengajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Konseling
Depositing User: Aqilla Tantya Gunawan Aqilla
Date Deposited: 03 Oct 2023 02:38
Last Modified: 03 Oct 2023 02:38
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/30716

Actions (login required)

View Item
View Item