Penggunaan Benda Najis Sebagai Pengobatan Dalam Perspektif Islam (Analisis Perbandingan Menurut Yusuf Al-Qardhawi Dan Ibnu Qayyim Al-Jauzi)

Mohd Asri Huzaifah Bin Azizan, 160103021 (2023) Penggunaan Benda Najis Sebagai Pengobatan Dalam Perspektif Islam (Analisis Perbandingan Menurut Yusuf Al-Qardhawi Dan Ibnu Qayyim Al-Jauzi). Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Syariah dan Hukum.

[thumbnail of Penggunaan Benda Najis Sebagai Pengobatan Dalam Perspektif Islam (Analisis Perbandingan Menurut Yusuf Al-Qardhawi Dan Ibnu Qayyim Al-Jauzi)] Text (Penggunaan Benda Najis Sebagai Pengobatan Dalam Perspektif Islam (Analisis Perbandingan Menurut Yusuf Al-Qardhawi Dan Ibnu Qayyim Al-Jauzi))
Mohd Asri Huzaifah Bin Azizan, 160103021, FSH, PMH.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)

Abstract

Dunia pengobatan berkembang seiring dengan perkembangan zaman dan kemampuan manusia. Dan berobat merupakan hal yang sangat dianjurkan di dalam Islam. Akan tetapi pada zaman modern ini timbul permaslahan dalam kalangan masyarakat tentang status kehalalan dalam dunia pengobatan. Terdapat banyak obat-obatan yang mengandungi unsur-unsur najis dan benda haram yang dilarang dalam syariat. Dalam hal ini, timbul masalah mengelirukan yang menjadi tanda tanya kepada masyarakat tentang status halal pada obat-obatan. Berdasarkan latar belakang tersebut, penulis membuat penelitian tentang penggunaan benda najis sebagai pegobatan dalam perspektif islam (analisis menurut Yusuf al-Qardhawi dan Ibnu Qayyim al-Jauzi). walaubagaimanapun, penggunaan benda najis sebagai obat menurut Ibnu Qayyim al-Jauzi adalah diharamkan atas alasan-alasan tertentu. Dan pada pendapat Yusuf al-Qardhawi dibolehkan berobat dengan benda yang najis akan tetapi pada kondisi-kondisi tertentu. Dalam kasus ini menerangkan jenis-jenis najis, jenis-jenis pengobatan, kriteria obat haram dan proses istihalah. Temuan penelitian ini menunjukan bahwa pengguaan benda najis sebagai obat-obatan adalah dibolehkan ketika mana obat-obatan tersebut telah melalui proses istihalah dan pada obat tersebut tidak lagi mempunyai zat-zat najis tersebut.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > S1 Perbandingan Mazhab
Depositing User: Mohd Asri Huzaifah Bin Azizan
Date Deposited: 14 Aug 2023 09:51
Last Modified: 14 Aug 2023 09:51
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/30717

Actions (login required)

View Item
View Item