Penerapan Metode Demonstrasi Berbantuan Media Kartu Bergambar Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Siswa Kelas II SDN 59 Banda Aceh

Syarifah Nurmasyitah Al Atas, 190209131 (2023) Penerapan Metode Demonstrasi Berbantuan Media Kartu Bergambar Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Siswa Kelas II SDN 59 Banda Aceh. Other thesis, UIN Ar-raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Penerapan Metode Demonstrasi Berbantuan Media Kartu Bergambar Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Siswa Kelas II SDN 59 Banda Aceh] Text (Penerapan Metode Demonstrasi Berbantuan Media Kartu Bergambar Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Siswa Kelas II SDN 59 Banda Aceh)
SKRIPSI LENGKAP (1).pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB)

Abstract

Berdasarkan hasil observasi dan wawancara ditemukan siswa-siswi yang tidak bisa membaca dengan masalah seperti tidak bisa meng-eja satu atau dua suku kata dan tidak tuntas dalam mengerjakan tugas saat pembelajaran berlangsung. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah untuk mengetahui aktivitas guru, aktivitas siswa dan peningkatan kemampaun membaca siswa dengan penerapan metode demonstrasi berbantuan media kartu bergambar untuk meningkatkan kemampuan membaca siswa di kelas II. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui aktivitas guru, aktivitas siswa dan peningkatan kemampuan membaca siswa dengan penerapan metode demonstrasi berbantuan media kartu bergambar di kelas II. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) subjek penelitian adalah siswa kelas II SDN 59 Banda Aceh sebanyak 15 orang siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan tes yang di analisis dengan rumus klasikal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas guru pada Siklus I dengan nilai persentase 75%, siklus II nilai persentase 82,95% dan siklus III dengan nilai persentase 92,04% dengan kategori Sangat baik. Aktivitas siswa Siklus I dengan nilai persentase 70,45%, siklus II meningkat dengan nilai persentase 79,54% dan siklus III dengan nilai persentase 88,63% dengan kategori Sangat baik. Hasil tes kemampuan membaca siswa pada siklus I dengan persentase 60%, siklus II dengan persentase 73,33% dan siklus III persentase 86,66% dalam kategori Sangat Baik. Berdasarkan data penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan metode demonstrasi berbantuan media kartu bergambar dapat meningkatkan kemmapuan membaca siswa kelas II.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System > 001 Knowledge
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Syarifah Nurmasyitah Al atas Syarifah
Date Deposited: 14 Aug 2023 09:40
Last Modified: 14 Aug 2023 09:40
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/30722

Actions (login required)

View Item
View Item