Kontribusi Sektor Pertanian Terhadap Kesejahteraan Masyarakat Kemukiman Lamteuba Kabupaten Aceh Besar Dalam Tinjauan Maqashid Syariah

Fadhul Agus Saputra, 190602090 (2023) Kontribusi Sektor Pertanian Terhadap Kesejahteraan Masyarakat Kemukiman Lamteuba Kabupaten Aceh Besar Dalam Tinjauan Maqashid Syariah. Masters thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Kontribusi Sektor Pertanian] Text (Kontribusi Sektor Pertanian)
Fadhul Agus Saputra, 190602090, FEBI, ES.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB)

Abstract

Sektor pertanian merupakan kegiatan pemanfaatan sumber daya hayati yang dilakukan manusia untuk menghasilkan bahan pangan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kontribusi sektor pertanian terhadap kesejahteraan masyarakat dalam tinjauan maqashid syariah. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif dengan menggunakan metode penelitian field research melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan sektor pertanian padi terbukti memberikan kontribusi terhadap kesejahteraan ekonomi masyarakat, hal ini dibuktikan dengan tercukupinya kebutuhan hidup mereka dari pendapatan dan dapat memberikan biaya pendidikan kepada anaknya sampai tingkat SMA (Sekolah Menengah Atas). Hal ini juga didukung oleh adanya perhatian pemerintah desa dan kelompok tani dalam meningkatkan produktivitas pertanian serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Selain itu, sektor pertanian di Kemukiman Lamteuba juga memenuhi indikator kesejahteraan dalam tinjauan maqashid syariah, yaitu (Hifdzu Ad-Din), (Hifdzu An-Nafs), (Hifdzu Al-Mal), (Hifdzu An-Nasl), Namun (Hifdzu Al-Aql) beberapa petani hanya dapat membiayai pendidikan anak-anak mereka hingga tingkat SMA (Sekolah Menengah Atas).

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > S1 Ekonomi Syariah
Depositing User: Fadhul Agus Saputra Fadhul
Date Deposited: 15 Aug 2023 09:43
Last Modified: 15 Aug 2023 09:43
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/30733

Actions (login required)

View Item
View Item