Efektivitas Penggunaan Teknik Pointilis Dengan Spidol Warna Terhadap Motivasi Mewarnai Anak Usia 5-6 Tahun Di TK IT Hafizul Ilmi Aceh Besar

Raudhatunnisa, 180210014 (2023) Efektivitas Penggunaan Teknik Pointilis Dengan Spidol Warna Terhadap Motivasi Mewarnai Anak Usia 5-6 Tahun Di TK IT Hafizul Ilmi Aceh Besar. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

[thumbnail of Efektivitas Penggunaan Teknik Pointilis Dengan Spidol Warna Terhadap Motivasi Mewarnai Anak Usia  5-6 Tahun Di TK IT Hafizul Ilmi Aceh Besar] Text (Efektivitas Penggunaan Teknik Pointilis Dengan Spidol Warna Terhadap Motivasi Mewarnai Anak Usia 5-6 Tahun Di TK IT Hafizul Ilmi Aceh Besar)
Raudhatunnisa, 180210014, FTK, PIAUD, 085362116095.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (16MB)

Abstract

Permasalahan dalam pembelajaran di TK IT-Hafizul Ilmi Aceh Besar adalah rendahnya motivasi mewarnai sebagian anak dan sebagian guru masih menggunakan cara-cara lama yang kurang efektif seta minim penggunaan media dalam kegiatan mewarnai. Oleh karena itu peneliti mengajukan sebuah teknik Pointilis dengan spidol warna guna melihat motivasi mewarnai anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan teknik Pointilis dengan pensil warna terhadap motivasi mewarnai pada anak usia 5-6 tahun di TK IT-Hafizul Ilmi Aceh Besar. Penelitian ini menggunakan pendekatan metode kuantitatif dan jenis penelitian eksperimen. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 29 orang anak di kelas B. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa penggunaan teknik Pointilis dengan spidol warna efektif terhadap motivasi mewarnai pada anak usia 5-6 tahun di TK IT-Hafizul Ilmi Aceh Besar, hal ini ditandai dengan nilai yang diperoleh anak antara pre test dan post test, sebesar 49,79 dan 72,59 pada post test. Uji hopotesis juga menunjukkan bahwa nilai thitung > ttabel yaitu 20,3 > 1,701. Artinya penggunaan teknik Pointilis dengan pensil warna efektif dalam memotivasi mewarnai pada anak usia 5-6 tahun di TK IT-Hafizul Ilmi Aceh Besar.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Raudhatul Athfal
Depositing User: Raudhatunnisa Nisa
Date Deposited: 14 Aug 2023 10:29
Last Modified: 14 Aug 2023 10:29
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/30735

Actions (login required)

View Item
View Item