Analisis Kritis Nilai - Nilai Akhlak dalam Buku Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas X SMA

Nurfitriani, 170201067 (2023) Analisis Kritis Nilai - Nilai Akhlak dalam Buku Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas X SMA. Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Analisis Kritis Nilai - Nilai Akhlak dalam Buku Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas X SMA] Text (Analisis Kritis Nilai - Nilai Akhlak dalam Buku Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas X SMA)
Nurfitriani, 170201067, FTK, PAI, 082274823686.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB)

Abstract

Agama islam memiliki peran yang penting dalam pembentukan akhlak. Pendidikan Agama Islam dipercaya sebagai tempat terbaik untuk mempersiapkan para penerus agama. Salah satu cara untuk membentuk akhlak yang sesuai dengan syariah adalah adanya buku Agama Islam di lembaga pendidikan yaitu Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam, Sebagian masyarakat beranggapan bahwa nilai- nilai akhlak pada pembelajaran PAI hanya pada materi akhlak, padahal ilmu-ilmu syar’i selalu berhubungan dengan akhlak, baik pelajaran fiqh, sejarah, akidah, dan lain-lain terdapat keterkaitan ilmu tersebut dengan pembelajaran akhlak. Karena hakikat ilmu syar’i itu memang saling berhubungan, tidak dapat dipisahkan dan berdiri sendiri. Fokus penelitian ini adalah materi fiqih karena memiliki relasi yang banyak terhadap kehidupan manusia. Maka dari itu, dalam penelitian ini peneliti ingin mengkritisi materi fiqih sekaligus membuktikan bahwa penelitian ini mengandung nilai – nilai akhlak yang dapat diamalkan dalam kehidupan sehari – hari. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian pendekatan kualitatif, dengan metode dokumentasi atau studi pustaka (Library Research), penelitian ini menggunakan analisis data berupa buku Pendidikan Agama Islam kelas X SMA pada materi fiqih. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai – nilai akhlak yang terkandung dalam buku Pendidikan Agama Islam pada materi fiqih kelas X SMA adalah nilai keimanan, nilai ubudiyah, nilai mu’amalah, nilai sosial, nilai etika, nilai estetika, akhlak terhadap Allah, terhadap orang lain dan diri sendiri

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Kritis, Nilai, Akhlak, Pendidikan Agama Islam
Subjects: 200 Religion (Agama)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Nurfitriani Nurfitriani
Date Deposited: 14 Aug 2023 09:46
Last Modified: 14 Aug 2023 09:46
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/30738

Actions (login required)

View Item
View Item