Analisis Pengembangan Sumber Daya Insani Melalui Potensi Desa Wisata dalam Meningkatkan Perekonomian Masyarakat (Studi di Desa Wisata Lubuk Sukon, kecamatan Ingin Jaya, Aceh Besar)

Muchlas Adi Putra, 180602214 (2023) Analisis Pengembangan Sumber Daya Insani Melalui Potensi Desa Wisata dalam Meningkatkan Perekonomian Masyarakat (Studi di Desa Wisata Lubuk Sukon, kecamatan Ingin Jaya, Aceh Besar). Masters thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Pengembangan Sumber Daya Insani Melalui Potensi Desa Wisata] Text (Pengembangan Sumber Daya Insani Melalui Potensi Desa Wisata)
Muchlas Adi Putra, 180602214, FEBI, ES.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (19MB)

Abstract

Sektor pariwisata dipercaya sebagai salah satu sektor yang dapat meningkatkan perekonomian. Dalam peningkatan perekonomian masyarakat desa Lubuk Sukon, diperlukan peningkatan sumber daya insani dari masyarakat berupa potensi desa wisata yang dimilikinya dalam menarik wisatawan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui potensi dan strategi serta dampak yang terjadi dari pengembangan sumber daya insani di Desa Wisata Lubuk Sukon. Pada penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan data yang didapat berupa hasil observasi, wawancara langsung dengan narasumber, serta dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dampak peningkatan perekonomian masih belum dirasakan secara langsung oleh masyarakat, namun di sisi lain masyarakat sudah sangat menjaga kebersihan dan keutuhan budaya serta sapta pesona dalam pariwisata.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > S1 Ekonomi Syariah
Depositing User: Muchlas Adi Putra Muchlas
Date Deposited: 14 Aug 2023 09:50
Last Modified: 14 Aug 2023 09:50
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/30739

Actions (login required)

View Item
View Item