Persepsi Pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) Terhadap Kesesuaian Produk dan Layanan Bank Syariah Dengan Kebutuhan Dunia Usaha (Studi di Kecamatan Baiturrahman Kota Banda Aceh)

Raisa Nadilla, 190603095 (2023) Persepsi Pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) Terhadap Kesesuaian Produk dan Layanan Bank Syariah Dengan Kebutuhan Dunia Usaha (Studi di Kecamatan Baiturrahman Kota Banda Aceh). Masters thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of UMKM] Text (UMKM)
Raisa Nadilla, 190603095, FEBI, PS.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB)

Abstract

Bank syariah adalah bank yang beroperasi sesuai dengan prinsip-prinsip Islam, yakni bank dengan tata cara dan operasinya mengikuti ketentuan-ketentuan syariah Islam. Bank syariah memiliki banyak produk dan beragam salah satunya yaitu produk pembiayaan Kredit Usaha Rakyat (KUR), dimana menjadi salah satu produk yang banyak diminati oleh pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) dalam membantu permodalan usahanya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana persepsi pelaku UMKM Kecamatan Baiturrahman Kota Banda Aceh terhadap kesesuaian produk dan layanan bank syariah dengan kebutuhan dunia usaha. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data wawancara. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pendapat pemilik berbagai toko mengenai persepsi terhadap kesesuaian produk dan layanan bank syariah dengan kebutuhan dunia usaha berbeda-beda, dan sudah memiliki kesesuaian terhadap produk dan layanan bank syariah dengan kebutuhan dunia usaha dalam berbagai aspek yaitu: keamanan aset, persyaratan yang mudah, angsuran kecil, jangka waktu fleksibel, harga yang ditawarkan, kemudahan pembayaran, dan layanan yang ramah.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > S1 Perbankan Syariah
Depositing User: Raisa Nadilla Raisa
Date Deposited: 15 Aug 2023 09:42
Last Modified: 15 Aug 2023 09:42
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/30742

Actions (login required)

View Item
View Item