Hubungan Agama Dan Kebudayaan Dalam Tradisi Teumeuntuk

Sriwahyuni, 160302006 (2023) Hubungan Agama Dan Kebudayaan Dalam Tradisi Teumeuntuk. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Ushuluddin dan Filsafat.

[thumbnail of Hubungan Agama Dan Kebudayaan Dalam Tradisi Teumeuntuk] Text (Hubungan Agama Dan Kebudayaan Dalam Tradisi Teumeuntuk)
Sriwahyuni, 160302006, FUF, SAA, 082277603180.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB)

Abstract

Tradisi merupakan suatu kebudayaan yang diwariskan turun temurun dari nenek moyang zaman dahulu hingga sekarang. Teumeuntuk merupakan tradisi yang telah lama dilaksanakan dan terus menjadi kegiatan rutin dari kehidupan masyarakat Kabupaten Aceh Barat Daya, tepatnya di Kecamatan Susoh yang berada dipesisir pantai. Oleh karena itu, peniliti ingin mengetahui makna tradisi teumeuntuk Kecamatan Susoh, dan hubungan Agama dan Kebudayaan dalam tradisi teumeuntuk serta manfaat tradisi teumeuntuk bagi masyarakat Kecamatan
Susoh. Penelitian ini bersifat kualitatif yang berbasis penelitian lapangan, menggunakan teknik pengumpulan data, wawancara langsung masyarakat di Kecamatan Susoh baik baik tokoh agama, maupun warga lainnya. Selain itu juga, teknik pengumpulan data lainnya seperti dokumentasi dan observasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa makna tradisi Teumentuk ialah menyambung tali silahturahmi dengan keluarga baru baik dari pihak wanita maupun laki-laki, Teumentuk . Teumentuk ini merupakan perantara pengantin baru untuk mengenal saudara dari pihak suami atau istri mereka karena, memang sudah adat harus pergi, kalau adat seperti ini tidak ada belum tentu pengantin baru itu mau bertamu kepada saudara baik yang dekat maupun yang jauh. Hubungan agama dan kebudayaan dalam tradisi Teumentuk ialah dalam hal Silahturahhim. Silahturrahim dalam islam memang sangat lah penting bahkan, sangat banyak manfaat yang didapat dalam silahturrahim ini. Banyak hadits Nabi yang menganjurkan untuk silahturahmi.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 200 Religion (Agama)
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > S1 Ilmu Ilmu Perbandingan Agama
Depositing User: Sri Wahyuni Yuni
Date Deposited: 15 Aug 2023 10:09
Last Modified: 15 Aug 2023 10:09
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/30748

Actions (login required)

View Item
View Item