Analisis Kausalitas Antara Pendapatan Asli Daerah dan Pertumbuhan Ekonomi Dalam Perspektif Ekonomi Syariah (Studi Kabupaten / Kota Di Provinsi Aceh

Teuku Sulthanni Raja Tjoet, 180602028 (2023) Analisis Kausalitas Antara Pendapatan Asli Daerah dan Pertumbuhan Ekonomi Dalam Perspektif Ekonomi Syariah (Studi Kabupaten / Kota Di Provinsi Aceh. Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Analisis Kausalitas Antara Pendapatan Asli  	  Daerah dan Pertumbuhan Ekonomi Dalam Perspektif  	  Ekonomi Syariah (Studi Kabupaten / Kota Di Provinsi Aceh] Text (Analisis Kausalitas Antara Pendapatan Asli Daerah dan Pertumbuhan Ekonomi Dalam Perspektif Ekonomi Syariah (Studi Kabupaten / Kota Di Provinsi Aceh)
Teuku Sulthanni Raja Tjoet, 180602028, FEBI, ES, 082216544691.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan kausalitas antara Pendapatan Asli Daerah (PAD) dan pertumbuhan ekonomi. Data yang digunakan adalah data panel dari 23 Kabupaten/Kota di Provinsi Aceh selama periode tahun 2013-2020. Teknik analisis data yang digunakan adalah model analisis kausalitas dan metode Granger Causality Test dengan data Sekunder. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan satu arah antara Pendapatan Asli Daerah dan Pertumbuhan Ekonomi. Ketika pertumbuhan ekonomi mengalami perubahan maka tidak mempengaruhi Pendapatan Asli Daerah akan tetapi jika Pendapatan Asli Daerah mengalami perubahan maka akan mempengaruhi pertumbuhan ekonomi. Tujuan syariah dalam pertumbuhan ekonomi adalah kesejahteraan. kesejahteraan di peroleh ketika seluruh kebutuhan dan keinginan terpenuhi, baik dalam aspek material maupun spiritual, dalam jangka pendek, menengah maupun jangka panjang. Dalam Islam faktor-faktor yang yang mempengaruhi pertumbuhan ekonomi yaitu faktor SDM dan faktor teknologi. Di Provinsi Aceh faktor SDM yang di lihat dari IPM dan faktor teknologinya sudah cukup baik karena mengalami peningkatan di setiap tahunnya.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Pendapatan Asli Daerah, Pertumbuhan Ekonomi, Panel Granger Causality Test
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > S1 Ekonomi Syariah
Depositing User: Teuku Sulthanni Raja Tjoet
Date Deposited: 14 Aug 2023 10:27
Last Modified: 14 Aug 2023 10:27
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/30751

Actions (login required)

View Item
View Item