Kualitas Pelayanan Kesehatan Puskesmas Pembantu Di Desa Pulau Teupah Kecamatan Teupah Barat Kabupaten Simeulue

Muna Warah, 180802043 (2023) Kualitas Pelayanan Kesehatan Puskesmas Pembantu Di Desa Pulau Teupah Kecamatan Teupah Barat Kabupaten Simeulue. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

[thumbnail of Kualitas Pelayanan Kesehatan Puskesmas Pembantu Di Desa Pulau Teupah Kecamatan Teupah Barat Kabupaten Simeulue] Text (Kualitas Pelayanan Kesehatan Puskesmas Pembantu Di Desa Pulau Teupah Kecamatan Teupah Barat Kabupaten Simeulue)
Skripsi Muna Warah.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)

Abstract

Puskesmas Pembantu sebagai unit pelaksana teknis pelayanan kesehatan tingkat dasar yang diharapkan dapat memberikan pelayanan yang sebaik-baiknya kepada masyarakat demi tercapainya kepuasan masyarakat, adapun masalah dalam penelitian yang penulis dapatkan dengan melakukan observasi dan wawancara dengan masyarakat ada beberapa masalah yaitu belum ada tersedianya dokter dan keterbatasan obat-obatan serta masih kurangnya kelengkapan fasilitas yang ada di PUISTU Desa Pulau Teupah Kecamatan Teupah Barat Kabupaten Simeulue. Terdapat indikator-indikator yang harus di terapkan secara maksimal dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat yang ingin berobat ke PUSTU. Adapun tujuan di lakukan penelitian ini adalah untuk mengetahui Kualitas Pelayanan Kesehatan di Desa Pulau Teupah Kecamatan Teupah Barat Kabupaten Simeulue, serta faktor hambatan apa saja yang dihadapi Pemerintah Kabupaten Simeulue dalam meningkatkan Kualitas Pelayanan Kesehatan di Daerah Terpencil khususnya di Desa Pulau Teupah Kecamatan Teupah Barat Kabupaten Simeulue. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi sebagai tehnik pengumpulan data serta reduksi data, dan triangulasi data sebagai tehnik pemeriksaan keabsahan data. Hasil penelitian menunjukan bahwa kualitas pelayanan kesehatan berdasarkan indikator fasilitas fisik (tangible), keandalan (reliability), pengetahuan dan kesopanan (assurance), responsivitas (responsiviness) dan penyediaan perhatian (empathy) berdasarkan observasi penelitian dan wawancara dengan masyarakat di Desa Pulau Teupah Kecamatan Teupah Barat Kabupaten Simeulue, PUSTU Desa Pulau Teupah Kecamatan Teupah Barat Kabupaten Simeulue sudah sesuai dengan peraturan yang sudah ada. Tetapi ada 1 (satu) indikator yang masih belum maksimal yaitu pada indikator fasilitas fisik (tangible) gedung/bangunan yang masih belum dikatakan layak dan belum pernah sama sekali di rehabilitasi oleh Pemerintah Kabupaten Simeulue. Serta terbatasnya ketersediaan obat-obatan dan belum adanya dokter serta belum ada tersedianya ambulance laut sebagai prasarana kesehatan untuk masyarakat Desa Pulau Teupah Kecamatan Teupah Barat Kabupaten Simeulue.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 302 Interaksi sosial > 302.3 Interaksi sosial dalam kelompok
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Pemerintahan > S1 Ilmu Administrasi Negara
Depositing User: Muna Warah Muna
Date Deposited: 14 Aug 2023 10:25
Last Modified: 14 Aug 2023 10:25
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/30755

Actions (login required)

View Item
View Item