Pengaruh Gaya Hidup Hedonis Dan Potongan Harga Terhadap Pembelian Impulsif Pada Konsumen Fashion Ritel Matahari Department Store Banda Aceh Ditinjau Dari Perspektif Ekonomi Islam

Siti Wahyuni, 180602124 (2023) Pengaruh Gaya Hidup Hedonis Dan Potongan Harga Terhadap Pembelian Impulsif Pada Konsumen Fashion Ritel Matahari Department Store Banda Aceh Ditinjau Dari Perspektif Ekonomi Islam. Masters thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Gaya Hidup Hedonis] Text (Gaya Hidup Hedonis)
Siti Wahyuni, 180602124, FEBI, ES.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (11MB)

Abstract

Pembelian impulsif merupakan suatu perilaku pembelian yang dilakukan oleh konsumen secara tiba-tiba tanpa adanya perencanaan terlebih dahulu tentang kualitas atau kebutuhan dari produk tersebut. Faktor yang dapat mendorong seseorang untuk melakukan pembelian impulsif adalah karena faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal yang ada dalam diri seseorang yaitu pada suasana hati dan kebiasaan mereka dalam berbelanja apakah didorong sifat hedonis atau tidak. Faktor eksternal yang mempengaruhi pembelian impulsif adalah pada lingkungan toko dan promosi yang ditawarkan toko. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh gaya hidup hedonis dan potongan harga terhadap pembelian impulsif pada konsumen fashion ritel Matahari Department Store Banda Aceh. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, dimana sampel yang diambil sebanyak 150 responden dengan menggunakan teknik purposive sampling yaitu qouta sampling. Jenis data yang digunakan adalah data primer yang mengedarkan kuesioner melalui google form. Metode analisis data penelitian dilakukan dengan menggunakan metode Structural Equation Modeling (SEM) dengan pendekatan Partial Least Square (PLS) dan menggunakan bantuan sofware SmartPLS. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel gaya hidup hedonis berpengaruh positif dan signifikan terhadap pembelian impulsif. Variabel potongan harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap pembelian impulsif . Berdasarkan uji R2 pengaruh yang diberikan oleh variabel independen (gaya hidup hedonis dan potongan harga) terhadap variabel dependen (pembelian impulsif) sebesar 42,2 % sedangkan sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dimasukkan dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama)
200 Religion (Agama) > 297 Islam
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > S1 Ekonomi Syariah
Depositing User: Siti Wahyuni Yuni
Date Deposited: 15 Aug 2023 09:35
Last Modified: 15 Aug 2023 09:35
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/30785

Actions (login required)

View Item
View Item