Pengaruh Pengetahuan Sosialisasi dan Edukasi Terhadap Minat Berinvestasi di Pasar Modal Syariah (Studi Pada Mahasiswa FEBI UIN Ar-Raniry Banda Aceh)

Aja Fitria Millati, 180602110 (2023) Pengaruh Pengetahuan Sosialisasi dan Edukasi Terhadap Minat Berinvestasi di Pasar Modal Syariah (Studi Pada Mahasiswa FEBI UIN Ar-Raniry Banda Aceh). Masters thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Pasar Modal Syariah] Text (Pasar Modal Syariah)
Aja Fitria Millati, 180602110, FEBI, ES.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB)

Abstract

Bursa Efek Indonesia (BEI) mengemukakan bahwa pemuda termasuk mahasiswa memiliki potensi yang cukup besar untuk menjadi investor saham. Salah satu sasaran utama sebagai investor pasar modal maupun pasar modal syariah adalah mahasiswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh pengetahuan, sosialisasi dan edukasi terhadap minat berinvestasi di pasar modal syariah pada mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Ar-Raniry Banda Aceh. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, dimana sampel yang diambil sebanyak 332 responden dengan menggunakan teknik probability sampling. Teknik probability sampling ini meliputi beberapa teknik, namun peneliti memilih teknik simple random sampling karena pengambilan anggota sampel dari populasi dilakukan secara acak tanpa memperhatikan strata yang ada dalam populasi itu. Jenis data yang digunakan adalah data primer yang mengedarkan kuesioner melalui google form. Metode analisis data penelitian dilakukan dengan menggunakan metode Structural Equation Modeling (SEM) dengan pendekatan Partial Least Square (PLS) dan menggunakan bantuan software SmartPLS. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel pengetahuan berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat berinvestasi di pasar modal syariah. Variabel sosialisasi juga berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat berinvestasi di pasar modal syariah, dan variabel edukasi juga berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat berinvestasi di pasar modal syariah. Berdasarkan uji R2 pengaruh yang diberikan oleh variabel independen (pengetahuan, sosialisasi dan edukasi) terhadap variabel dependen (minat berinvestasi di pasar modal syariah) sebesar 52,4% sedangkan sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dimasukkan dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama)
200 Religion (Agama) > 297 Islam
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > S1 Ekonomi Syariah
Depositing User: Aja Fitria Millati Aja
Date Deposited: 15 Aug 2023 09:35
Last Modified: 15 Aug 2023 09:35
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/30787

Actions (login required)

View Item
View Item