Implementasi Sistem Reseller pada Transaksi E-commerce dalam Perspektif Ekonomi Islam (Studi pada Mahasiswa FEBI UIN Ar-Raniry Banda Aceh)

Akhirul Ummi Ananda, 180602120 (2023) Implementasi Sistem Reseller pada Transaksi E-commerce dalam Perspektif Ekonomi Islam (Studi pada Mahasiswa FEBI UIN Ar-Raniry Banda Aceh). Masters thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Ekonomi Islam] Text (Ekonomi Islam)
Akhirul Ummi Ananda, 180602120, FEBI, ES.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB)

Abstract

Salah satu model yang umum digunakan dalam transaksi e-commerce adalah sistem reseller, di mana seorang reseller membeli produk dari produsen dan menjualnya kepada konsumen akhir dengan keuntungan yang ditambahkan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi sistem reseller pada transaksi e-commerce dalam perspektif ekonomi Islam serta untuk mengetahui tinjauan ekonomi Islam terhadap sistem reseller dikalangan mahasiswa FEBI UIN Ar-Raniry Banda Aceh. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif melalui pendekatan deskriptif dengan cara wawancara mendalam dengan mahasiswa yang aktif sebagai reseller. Informan yang diwawancarai pada penelitian ini berjumlah 1 orang pakar, 1 orang akademisi dan 6 orang mahasiswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Sistem reseller yang dilakukan oleh mahasiswa FEBI UIN Ar-Raniry Banda Aceh sudah diterapkan dengan baik. Namun tidak semua mahasiswa memahami konsep reseller secara tinjauan ekonomi Islam, sehingga mahasiswa melewatkan beberapa hal penting seperti prinsip-prinsip ekonomi Islam pada usahanya.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama)
200 Religion (Agama) > 297 Islam
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > S1 Ekonomi Syariah
Depositing User: Akhirul Ummi Ananda Nanda
Date Deposited: 15 Aug 2023 09:34
Last Modified: 15 Aug 2023 09:34
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/30790

Actions (login required)

View Item
View Item