Nada Syahirah, 190209126 (2023) Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Two Stay Two Stray Terhadap Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran IPS Kelas V Min 29 Aceh Besar. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.
Nada Syahirah, 190209126, FTK, PGMI, 082162572756.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (3MB)
Abstract
Berdasarkan hasil observasi di MIN 29 Aceh Besar pada kelas V, bahwa terdapat suatu permasalahan yaitu rendahnya hasil belajar peserta didik, disebabkan karena proses pembelajaran masih berpusat pada guru dan tidak menggunakan metode atau model yang bervariasi, sehingga peserta didik kurang antusias dalam mengikuti pembelajaran IPS. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran two stay two stray terhadap hasil belajar peserta didik pada pembelajaran IPS kelas V MIN 29 Aceh Besar dan untuk mengetahui respon peserta didik melalui proses pembelajaran model two stay two stray pada kelas V MIN 29 Aceh Besar. Metode penelitian ini adalah One Group Pretest-Posttest Design. Teknik pengumpulan data melalui soal tes hasil belajar peserta didik dan Angket Respon peserta didik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa model pembelajaran two stay two stray memberikan pengaruh positif terhadap hasil belajar peserta didik, didasarkan dari perolehan hasil uji one sample t test dengan nilai signifikan (2-tailed) 0,0003 > 0,05, dan nilai thitung 3,266 > nilai ttabel 2,064, maka Ha diterima dan H0 ditolak. Adapun respon peserta didik diperoleh respon tertinggi ketiga indikator dengan kategori sangat setuju. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran two stay two stray memberikan pengaruh terhadap hasil belajar peserta didik pada pembelajaran IPS Kelas V MIN 29 Aceh Besar.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 590 Animals (Ilmu Hewan, Ilmu Binatang) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Nada Syahirah Nada |
Date Deposited: | 15 Aug 2023 09:41 |
Last Modified: | 15 Aug 2023 09:41 |
URI: | https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/30791 |