Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Two Stay Two Stray Terhadap Hasil ‎Belajar Siswa Dalam Pembelajaran IPS Kelas V Min 29 Aceh Besar

Nada Syahirah, 190209126 (2023) Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Two Stay Two Stray Terhadap Hasil ‎Belajar Siswa Dalam Pembelajaran IPS Kelas V Min 29 Aceh Besar. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

[thumbnail of Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Two Stay Two Stray ‎] Text (Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Two Stay Two Stray ‎)
Nada Syahirah, 190209126, FTK, PGMI, 082162572756.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)

Abstract

Berdasarkan hasil observasi di MIN 29 Aceh Besar pada kelas V, bahwa terdapat ‎suatu permasalahan yaitu rendahnya hasil belajar peserta didik, disebabkan karena ‎proses pembelajaran masih berpusat pada guru dan tidak menggunakan metode ‎atau model yang bervariasi, sehingga peserta didik kurang antusias dalam ‎mengikuti pembelajaran IPS. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ‎pengaruh model pembelajaran two stay two stray terhadap hasil belajar peserta ‎didik pada pembelajaran IPS kelas V MIN 29 Aceh Besar dan untuk mengetahui ‎respon peserta didik melalui proses pembelajaran model two stay two stray pada ‎kelas V MIN 29 Aceh Besar. Metode penelitian ini adalah One Group Pretest-‎Posttest Design. Teknik pengumpulan data melalui soal tes hasil belajar peserta ‎didik dan Angket Respon peserta didik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ‎model pembelajaran two stay two stray memberikan pengaruh positif terhadap hasil ‎belajar peserta didik, didasarkan dari perolehan hasil uji one sample t test dengan ‎nilai signifikan (2-tailed) 0,0003 > 0,05, dan nilai thitung 3,266 > nilai ttabel 2,064, ‎maka Ha diterima dan H0 ditolak. Adapun respon peserta didik diperoleh respon ‎tertinggi ketiga indikator dengan kategori sangat setuju. Dengan demikian dapat ‎disimpulkan bahwa model pembelajaran two stay two stray memberikan pengaruh ‎terhadap hasil belajar peserta didik pada pembelajaran IPS Kelas V MIN 29 Aceh ‎Besar. ‎

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika)
500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 590 Animals (Ilmu Hewan, Ilmu Binatang)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Nada Syahirah Nada
Date Deposited: 15 Aug 2023 09:41
Last Modified: 15 Aug 2023 09:41
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/30791

Actions (login required)

View Item
View Item