Kewenangan Kepala Desa Dalam Pengelolaan Badan Usaha Milik Gampong Durian Kawan Kecamatan Kluet Timur Kabupaten Aceh Selatan

Miftahur Rahmah, 190802056 (2023) Kewenangan Kepala Desa Dalam Pengelolaan Badan Usaha Milik Gampong Durian Kawan Kecamatan Kluet Timur Kabupaten Aceh Selatan. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

[thumbnail of Kewenangan Kepala Desa Dalam Pengelolaan Badan Usaha Milik Gampong Durian Kawan Kecamatan Kluet Timur Kabupaten Aceh Selatan] Text (Kewenangan Kepala Desa Dalam Pengelolaan Badan Usaha Milik Gampong Durian Kawan Kecamatan Kluet Timur Kabupaten Aceh Selatan)
Miftah IAN Upload.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)

Abstract

Badan Usaha Milik Gampong merupakan suatu bentuk usaha yang dilakukan oleh suatu desa untuk menghasilkan suatu produksi yang dapat meningkatkan keuangan desa. Badan usaha milik gampong (BUMG) merupakan lembaga usaha milik desa yang dikelola oleh masyarakat dan pemerintah desa dalam upaya menambah pendapatan desa dan di bentuk berdasarkan kebutuhan desa dan potensi desa, sebagai upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Pengelolaan badan usaha milik gampong (BUMG) harus dilakukan secara professional dan mandiri. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana Kewenangan Kepala Desa dalam Pengelolaan Badan usaha Milik Gampong Durian Kawan dan Hambatan yang dihadapi Kepala Desa dalam Pengelolaan BUMG Durian Kawan Kecamatan Kluet Timur Kabupaten Aceh Selatan. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan Kualitatif. Sumber data yang digunakan adalah sumber data primer yang diperoleh dari dokumentasi, dan wawancara langsung dengan informan yang bersangkutan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, kewenangan kepala desa dalam pengelolaan Badan Usaha Milik Gampong dalam aspek pembinaan BUMG Kepala Desa sudah cukup baik telah memberikan beberapa pelatihan dan arahan kepada para pengurus BUMG, akan tetapi masih kurang tegas terhadap pengambilan keputusan terhadap BUMG. kewenangan kepala desa dalam pengelolaan Badan Usaha Milik Gampong sesuai dengan peraturan perundang-undangan, memberi masukan kepada pengelola BUMG guna memajukan BUMG. Dan hambatan yang terjadi adalah dari faktor internal dan faktor eksternal

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 350 Public Administration and Military Science (Administrasi Negara dan Ilmu Kemiliteran)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Pemerintahan > S1 Ilmu Administrasi Negara
Depositing User: Miftahur Rahmah Miftah
Date Deposited: 15 Aug 2023 10:09
Last Modified: 15 Aug 2023 10:09
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/30795

Actions (login required)

View Item
View Item